Miriss... Orang Utan dan Bayinya Sekarat Dirilis International Animal Rescue

Miriss... Orang Utan dan Bayinya Sekarat Dirilis International Animal Rescue
Keadaan ibu dan bayi orangutan saat diselamatkan di Kuala Satong, Kalbar. foto: heribertus/afp photo/international animal rescue.

jpnn.com - TIM dari International Animal Rescue merilis foto ibu dan bayi orangutan yang sekarat di Indonesia. Hewan primata itu kondisinya memprihatinkan dan tragis. 

Dalam foto tersebut terlihat, seekor orangutan betina bersama anaknya ditemukan dalam keadaan sekarat, di hutan sebuah desa di Kuala Satong, Kalimantan Barat, pada 14 Oktober lalu. Saat itu, kebakaran hutan sedang terjadi di banyak titik di Pulau Kalimantan.

Ibu dan bayi orangutan tersebut saat ditemukan memang sudah dalam keadaan kelelahan. Keduanya saling berpelukan. Hewan itu sempat ditangkap dan diikat warga lokal, karena masuk ke perkampungan warga saat menghindari kebakaran di habitat mereka.

Tubuh ibu orangutan ini tampak sangat kurus dan kurang gizi. Diperkirakan sudah cukup lama terusir dari habitatnya dan harus berada di wilayah yang sulit mendapatkan makanan.

“Tim kami sampai di sana tepat waktu, dan keduanya bisa diselamatkan,” kata Direktur Program IAR Karmele Llano Sanchez.

Ia memperkirakan orangutan ini kemungkinan sudah tidak makan setidaknya satu bulan sejak kebakaran, sehingga tubuhnya mengalami mal-nutrisi.

Habitat orangutan diperkirakan terus berkurang seiring semakin banyaknya hutan yang rusak, baik oleh industri maupun kebakaran. Satwa dilindungi ini akhirnya sering keluar dari hutan mencari makan ke permukiman penduduk, karena kesulitan sumber makanan di habitatnya. (prokal.co/dkk/jpnn)

TIM dari International Animal Rescue merilis foto ibu dan bayi orangutan yang sekarat di Indonesia. Hewan primata itu kondisinya memprihatinkan dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News