Oo...Segini Gaji Dokter Andra yang Meninggal Itu

Oo...Segini Gaji Dokter Andra yang Meninggal Itu
Dionisius Giri Samudra. Foto: Facebook

jpnn.com - JAKARTA - Ketua PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin menyampaikan beberapa usulan mengenai internship, setelah meninggalnya dokter Dionisius Giri Samudra, yang sedang mengikuti program internship di Kepulauan Aru, Maluku.

Pertama, terkait pembekalan dokter sebelum internship ke daerah. Menurut Zaenal, selama ini pembekalan dari pusat tidak dilakukan. Pembekalan ini bertujuan agar dokter tahu kondisi di daerah bakal tempat mengabdinya selama satu tahun ke depan.

Kemudian, terkait masa tunggu dokter untuk menempuh internship sebagai syarat praktek mandiri. IDI menyarankan agar fasilitas kesehatan untuk magang tak hanya di rumah sakit atau fasilitas kesehatan milik pemerintah saja. Sehingga, waiting list mereka tidak akan mengular hingga beratus-ratus antrian.

Selain itu, masalah gaji bagi para internship juga diminta untuk dinaikkan. Menurutnya, angka 2,5 juta tidak mumpuni apalagi untuk dokter yang berada di daerah terpencil.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan PPSDM Kemenkes Usman Sumantri menuturkan, beberapa hal telah menjadi kajian oleh pihaknya dan terealisasi tahun depan. Tentang pembekalan oleh pusat misalnya.

"Jadi memang sudah dibicarakan. Kami menyusun anggaran tahun ini dan baru dapat digunakan tahun depan. Mereka akan kita bekali tentang kondisi di lapangan. Pembekalan selama satu minggu," jelas Usman.

Dia turut menyinggung soal gaji bagi dokter internship. Menurutnya, meski itu bukan gaji tapi bantuan biaya hidup, pihaknya juga berniat menaikkan angka tersebut. Rencananya, bantuan sebesar Rp 2,5 juta per bulan itu akan naik hingga kisaran Rp 3,5 sampai 4 juta per bulan. "Tahun lalu hanya Rp 1,2 juta. Ini sudah kita rencanakan," paparnya.

Jumlah tersebut, lanjut dia, sejatinya bukan satu-satunya pendapatan yang diterima oleh para dokter internship. Menurutnya, mereka masih mendapatkan insentif dari daerah dan jumlahnya tidak bisa dibilang rendah.

JAKARTA - Ketua PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin menyampaikan beberapa usulan mengenai internship, setelah meninggalnya dokter Dionisius

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News