Mahfud MD: Tiga Pilar Demokrasi Sudah Busuk, Medsos Kekuatan Baru

Mahfud MD: Tiga Pilar Demokrasi Sudah Busuk, Medsos Kekuatan Baru
Mahfud MD. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - KEDIRI - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, dari empat pilar demokrasi, tiga di antaranya sudah tidak sehat. Yakni eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Saya katakan busuk. Tinggal pilar keempat, pers (media massa) yang relatif sehat,” ungkap guru besar tata negara ini di ruang rapat Jawa Pos Radar Kediri.

Selain awak redaksi, diskusi juga diikuti sahabat Mahfud MD eks Karesidenan Kediri dan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kediri.

Dia memberi contoh di lembaga eksekutif. Mahfud menyebut, banyak menteri yang tersangkut kasus hukum karena korupsi. Bahkan sebagian masih aktif, seperti Andi Malarangeng (Menteri Pemuda dan Olahraga), Suryadharma Ali (Menteri Agama), dan Jero Wacik (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral).

“Belum lagi dirjen di bawah kementerian dan kepala daerah,” kata pria kelahiran Sampang, Madura ini.

Di lembaga legislatif, lanjut Mahfud, lebih parah. Sebab semua partai politik (parpol) yang memiliki wakil di DPR RI, semua terseret korupsi. “Jadi mereka punya wakil di Senayan, juga punya wakil di penjara,” sindirnya.

Bagaimana dengan lembaga yudikatif? Mahfud menilai, sama saja. Semua institusi penegak hukum di Indonesia tidak bersih. Salah satu contohnya, disebut Mahfud, adalah kasus pajak Gayus Tambunan. “Mafia hukum di Indonesia bukan omong kosong. Benar-benar ada dalam kasus Gayus. Semua penegak hukum terlibat,” ungkap ketua MK pengganti Jimly Assiddiqie ini.

Saat ini, Mahfud menyatakan, tinggal pers yang relatif masih sehat. Meski begitu, dia mengingatkan, pers harus netral menyikapi persoalan bangsa. Sebab beberapa media massa menjadi kekuatan elite tertentu dalam sikap politiknya.

KEDIRI - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, dari empat pilar demokrasi, tiga di antaranya sudah tidak sehat. Yakni eksekutif,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News