Dirjen Polpum Kemendagri Ingatkan PNS Jaga Netralitas

Dirjen Polpum Kemendagri Ingatkan PNS Jaga Netralitas
Mayjen Soedarmo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA -- Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Polpum Kemendagri) Mayjen Soedarmo mengingatkan para pegawai negeri sipil (PNS) untuk menjaga netralitas jelang pilkada serentak.

Menurutnya, PNS cenderung terlibat membantu incumbent saat pilkada. Karena itu, kata Soedarmo, keterlibatan PNS akan menjadi sorotan dari tim khusus yang dibentuk kementeriannya.

"Nah itu termasuk dalam pengawasan tim pemantau. Ini upaya yang dilakukan Kesbangpol untuk deteksi dini gangguan dan potensi kerawanan," ujar Soedarmo kepada wartawan di Jakarta.

Soedarmo mengatakan, keterlibatan PNS perlu dicegah karena dikhawatirkan bisa menjadi salah satu potensi konflik. Ia khawatir bisa terjadi keributan antarpendukung calon karena adanya ketidaknetralan PNS.

"Kami hanya memonitor kalau ada keterlibatan PNS. Setelah itu kami laporkan ke pejabat pembina kepegawaian," imbuhnya.

Soedarmo mengatakan, timnya tidak berhak memberi sanksi. Hanya memberikan laporan dan rekomendasi untuk pejabat pembina di daerah jika diketahui ada keterlibatan PNS. (flo/jpnn)


JAKARTA -- Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Polpum Kemendagri) Mayjen Soedarmo mengingatkan para


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News