Bukan hanya Hotel Melati, Hotel Berbintang di Sini Rawan Prostitusi Anak

Bukan hanya Hotel Melati, Hotel Berbintang di Sini Rawan Prostitusi Anak
Ilustrasi.

jpnn.com - KAPOLDA Brigjen Pol Arief Sulystianto meminta pemilik penginapan yang berada di wilayahnya berhati-hati menerima tamu hotel di Kota Pontianak. Permintaan tersebut mengacu pada kasus prostitusi anak bawah umur, sebagaimana yang ditemukan di Hotel Star, Jalan Gajah Mada, Pontianak Selatan beberapa waktu lalu.

Dalam kasus itu, seorang pria yang disebut sebagai bos perusahaan sawit diduga membeli anak bawah umur seharga Rp 1,5 juta.

“Kami minta kejadian di Hotel Star itu tidak terulang kembali di hotel-hotel atau penginapan lainnya di Kota Pontianak,” tegas Kapolda melalui Kabid Humas AKBP Arianto seperti dilansir Prokal (JPNN Group).

Arianto mengatakan, pengelola atau pemilik hotel harus memastikan tamu bukan anak bawah umur. Ini bukan hanya tugas kepolisian maupun pemerintah. Pemilik atau pengelola hotel juga memiliki peranan penting mengantisipasi prostitusi.

Sehingga ke depannya hotel-hotel yang ada di Kota Pontianak dapat mengantisipasi para pelaku prostitusi, seperti yang terjadi di Hotel Star. “Periksa KTP-nya. Kalau perlu laporkan kepada pihak kepolisian, jika ada tamu membawa anak di bawah umur yang terindikasi kuat akan melakukan prostitusi,” tegasnya.

“Untuk mengantisipasi prostitusi, perbuatan mesum yang dilakukan anak bawah umur, bukan hanya menjadi tugas kepolisian. Semua pihak berperan penting atas hal ini. Karena harus sinergi untuk menyelamatkan anak-anak penerus bangsa,” imbuhnya.

Fakta di Kota Pontianak, tidak hanya hotel-hotel melati saja yang dijadikan lokasi prostitusi. Hotel-hotel besar pun dijadikan sebagai tempat prostitusi.

Menyikapi hal ini, AKBP Arianto mengatakan, jajarannya sangat sering melakukan razia untuk mengantisipasi penyakit masyarakat, khususnya pelaku mesum. Mulai dari Polda sampai di jajaran Polres yang ada di Kalbar. (zrn/oxa/mas)

KAPOLDA Brigjen Pol Arief Sulystianto meminta pemilik penginapan yang berada di wilayahnya berhati-hati menerima tamu hotel di Kota Pontianak.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News