Ogah Kalah Dengan Thailand, Menpar Siapkan Strategi Three In One

Ogah Kalah Dengan Thailand, Menpar Siapkan Strategi Three In One
Wonderful Indonesia. Foto: Kemenpar

jpnn.com - JAKARTA – Sukses Thailand mempromosikan pariwisatanya membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya terinspirasi. Menteri murah senyum itu menilai, salah satu keunggulan Thailand ialah kuliner.

Negeri Gajah Putih, julukan Thailand dinilai berhasil mengembangkan kulinernya ke seluruh penjuru dunia. Hal itu menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Thailand.

“Kuliner, makanan, tata boga, gastronomi itu induknya ada di Kemenpar. Kuliner adalah karya budaya, atau cultural. Dan budaya adalah alasan nomor wahid 65 persen orang berkunjung dan berlama-lama ke Indonesia. Baru 30 persen nature, dan lima persen man made, seperti MICE. Karena itu, sudah betul Thailand melakukan penetrasi kebudayaan besar-besaran melalui makanan. Lebih ampuh menyihir turis untuk datang,” kata Arief, Senin (16/11).

Nah, diam-diam Arief terus mengintai poin-poin penting yang mendorong kesuksesan Thailand. Saat kunjungan ke Melbourne bersama Konsulat Jenderal Republik Indonesia, Arief berkeliling kota mencari ide dan lokasi untuk memperkuat branding Wonderful Indonesia.

“Kami ingin promosi three in one, beli satu dapat tiga. Kami ingin mencari mitra pengusaha restoran, yang menjual masakan Indonesia, lokasinya strategis, di pusat kota, akses mudah, banyak orang lihat. Di situ kami mau branding,” kata Arief.

Pertama, branding Wonderful Indonesia berada di pusat kota dan menonjol. Kedua, masakan atau kuliner Indonesia semakin popular, terdisplay menarik, dan berkembang di luar negeri. Ketiga, restoran atau café itu bisa menjadi tempat nongkrong dan pusat informasi apa saja tentang Indonesia di Australia.

“Syaratnya, yang dijual adalah masalah khas Indonesia. Bisa sate, nasi gorong, mie, rendang, yang saat Wonderful Indonesia Festival 2015 kemarin ramai diserbu orang,” jelas Mantan Dirut PT Telkom ini.

Arief menambahkan, jumlah restoran Thailand di Melbourne mencapai 600 gerai. Posisi kedua diduduki Vietnam yang memiliki sekitar 200 restoran. Sedangkan Malaysia berada di tempat ketiga dengan jumlah 100 gerai.

JAKARTA – Sukses Thailand mempromosikan pariwisatanya membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya terinspirasi. Menteri murah senyum itu menilai,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News