Siti Zuhro: Inovasi Pelayanan Publik Indonesia Mendunia‎

Siti Zuhro: Inovasi Pelayanan Publik Indonesia Mendunia‎
Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, angkat bicara soal hasil survei Lembaga Klimatologi Politik, Lembaga Survei Jakarta dan Setara Intitute, yang menempatkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, sebagai salah satu menteri berkinerja terbaik selama satu tahun pemerintahan Kabinet Kerja Jokowi-JK.

“Meski di kementerian bukan yang digeluti sebelumnya, pak Yuddy bisa catch up (mengejar)," kata Siti di Jakarta, Senin (16/11).

Siti Zuhro berpandangan, hasil survei ketiga lembaga tersebut relevan. Contoh dalam inovasi pelayanan publik, perkembangannya sangat menggembirakan. Beberapa inovasi Indonesia dibawa ke tingkat internasional. 

“Lima inovasi masuk dalam penilaian the best," ungkap Siti yang menjadi tim panel penilaian inovasi pelayanan publik 2015.‎

Kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2015 diikuti  1.189 peserta dengan rincian. Dari Kementerian/Lembaga sebanyak 298 peserta,  Pemerintah Provinsi sebanyak 216 peserta, Pemerintah Kabupaten 437 peserta, dan Pemerintah Kota sebanyak 238 peserta.

Pada 2015, Indonesia mengikutsertakan 37 pemenang kompetisi ke ajang United Nation Public Service Award (UNPSA). Terdapat dua inovasi, yakni dari Kabupaten Aceh Singkil dan Kabupaten Sragen yang mendunia dan ditetapkan sebagai juara UNPSA.‎

ke depan dia berharap KemenPAN-RB dibawah kepemimpinan Yuddy Chrisnandi, dapat menjadi lokomotif reformasi birokrasi. "KemenPAN-RB harus leading menjadi teladan, role model dan rujukan kementerian/lembaga dan instansi lainnya,” pungkasnya.(esy/jpnn)


JAKARTA – Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, angkat bicara soal hasil survei Lembaga Klimatologi Politik,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News