Masyarakat dan Pelajar Moratai Serbu Kapal Perang TNI AL, Ada Apa?

Masyarakat dan Pelajar Moratai Serbu Kapal Perang TNI AL, Ada Apa?
Tampak masyarakat dan pelajar antusias mengunjungi kapal perang TNI AL, yakni KRI Makassar-590, yang sedang sandar di Dermaga Umum Daruba Morotai, Maluku Utara. FOTO: DOK.Dispen Koarmatim for JPNN.com

jpnn.com - MOROTAI – KRI Makassar-590, KRI Sultan Hasanuddin-366 dan KRI Tombak-629 yang tergabung dalam Unsur-unsur Satgasla Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI 2015 setelah melaksanakan Operasi Gabungan Pasukan Pendarat di Pantai Daruba dan Dermaga Fery, akhirnya sandar di Dermaga Umum Daruba Morotai, Maluku Utara.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman melalui siaran persnya, Rabu (18/11) menjelaskan, sehari setelah sandar di Dermaga Umum Daruba Morotai, tiga KRI dari jajaran Koarmatim tersebut melaksanakan Openship dengan menerima kunjungan dari pelajar dan masyarakat setempat.

KRI Makassar-590 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) ELmundo Samuel Sianipar mendapat kunjungan dari ribuan pelajar dari SD Gmih L.O.C, SMP Negeri 1, SMA Negeri 1, SMA Muhammadiyah 1, Madrasah Aliyah Nurul Huda Cotalamo dan masyarakat umum.

Komandan Satgasla PPRC TNI 2015 Laksma TNI ING. Ariawan, S.E. mengatakan, masyarakat umum dan pelajar diberi kesempatan untuk berkunjung dan melihat dari dekat keberadaan dan peralatan Kapal Perang TNI AL  yang tengah sandar. Selain itu, digelar juga pameran alutsista, diantaranya peralatan dan persenjataan Kopaska, Penyelam TNI AL, Pasukan Pendarat dan Intai Amfibi Marinir serta dua Helly Bell yang ada di geladak KRI Makassar-590.

Adapun peralatan yang dipamerkan dari KRI Makassar-590, yaitu alat-alat pemadam kebakaran, baju tahan api, lonceng khas TNI AL, peralatan kebaharian seperti tali temali serta foto-foto KRI Makassar-590.

Peralatan Kopaska yang dipamerkan diantaranya alat selam, Kendaraan tempur bawah Air (KTBA), parasut, senjata serbu perorangan, senjata laras pendek dan panjang, senjata sniper serta senjata bantu. Sedangkan peralatan pasukan Marinir yang dipamerkan, yaitu pelontar jangkar, pelontar granat, senjata sniper, peralatan selam tempur, alat pendaki tebing/gunung serta senjata laras pendek dan panjang.

Masyarakat umum dan para pelajar yang berkunjung sangat antusias melihat dari dekat seluruh alutsista yang dipamerkan dan berharap pameran serupa akan dilaksanakan lagi pada waktu yang akan datang. Seperti Mainita, pelajar dari SMA Negeri 1 Morotai yang merasa sangat senang dan bangga dengan kapal yang dimiliki TNI Angkatan Laut, karena selain dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan juga bisa menumbuhkan dan mempertebal rasa cinta tanah air.

“Mudah-mudahan tahun depan kapal ini dapat berkunjung kembali ke Morotai,” kata Mainita, pelajar yang bercita-cita menjadi anggota TNI Angkatan Laut.

MOROTAI – KRI Makassar-590, KRI Sultan Hasanuddin-366 dan KRI Tombak-629 yang tergabung dalam Unsur-unsur Satgasla Pasukan Pemukul Reaksi Cepat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News