Lihat nih, Besarnya Api yang Melahap Dua Kapal Pengangkut BBM Ini

Lihat nih, Besarnya Api yang Melahap Dua Kapal Pengangkut BBM Ini
Foto: Batam Pos / JPNN.com

jpnn.com - ANAMBAS - Dua kapal pengangkut minyak terbakar di pelabuhan Teluk Rid Tanjungmomong Tarempa, Rabu (18/11) sekitar pukul 09.00 WIB.

Satu diantaranya adalah kapal Sea Power yang merupakan kapal besi milik Gan Hok, yang biasanya digunakan untuk mengangkut minyak dari Selat Lampa Natuna ke Anambas.

Sementara satu kapal lagi KM Tulai 2000 yang merupakan kapal kayu dari Kelurahan Letung Kecamatan Jemaja.

Diketahui saat kebakaran tersebut terjadi, kapal Sea Power masih bermuatan berisi solar penuh kurang lebih 100 kl ditambah puluhan kiloliter minyak tanah. Meski tidak ada ledakan tapi cukup membuat warga panik karena api menyala cukup besar dan mengeluarkan asap hitam tebal menyelimuti langit Tarempa.

Warga pun berbondong-bongdong medatangi tempat kejadian untuk menyaksikan secara langsung. Pada saat kejadian berlangsung tidak ada terlihat satupun petugas kebakaran yang turun untuk memadamkan api.

Hanya beberapa warga saja yang berusaha memadamkan api dengan mesin robin yang diangkut dipompong kecil. Kebakaran di kapal Sea Power baru bisa dipadamkan sekitar pukul 10.15 WIB. Sementara itu kapal kayu KM. Tulai 2000 tidak bisa diselamatkan.

Kapal habis terbakar tidak perairan Tanjung Momong Tarempa setelah hanyut terbawa angir. Kepala kamar Mesin Kapal Sea Power, Johan, menjelaskan, kejadian itu bermula pada saat transfer BBM dari kapal Si Power ke KM. Tulai 2000.

Mesin robin yang digunakan untuk memompa BBM berada di Kapal Sea Power. Kemudian disalurkan ke KM Si Tulai 2000.

ANAMBAS - Dua kapal pengangkut minyak terbakar di pelabuhan Teluk Rid Tanjungmomong Tarempa, Rabu (18/11) sekitar pukul 09.00 WIB. Satu diantaranya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News