Di Kapuas Hulu, Ringgit Lebih Laku daripada Rupiah

Di Kapuas Hulu, Ringgit Lebih Laku daripada Rupiah
Di Kapuas Hulu, Ringgit Lebih Laku daripada Rupiah

jpnn.com - Di Kapuas Hulu, Ringgit Lebih Laku daripada Rupiah

Ringgit lebih laku dibanding rupiah. Foto: dok/Jawa Pos Group

MATA uang Malaysia, ringgit lebih laku di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Ya, di wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia itu, rupiah kurang laku.

---

Masyarakat Kapuas Hulu lebih mengenal ringgit Malaysia (RM) saat bertransaksi. Apalagi, sebagian besar barang yang dijual di pasar perbatasan Indonesia adalah produk negeri jiran. Rupiah dijadikan alat transaksi kedua setelah masuk wilayah perbatasan Indonesia.

Ketua Forum Peduli Perbatasan Kalbar Halimin menyatakan, ke depan masyarakat di kawasan perbatasan harus menggunakan mata uang rupiah dalam melakukan berbagai transaksi. 

Dulu, lanjut Halimin, mereka menggunakan ringgit karena alasan akses transportasi. Namun, sekarang tidak ada alasan lagi. Pemerintah sudah membuka akses seluas-luasnya untuk masyarakat pergi ke Kota Putussibau atau Pontianak dengan menggunakan jalur darat.

Ke depan, Forum Peduli Perbatasan Kalbar akan melakukan pembinaan berkelanjutan di Putussibau dan lima kabupaten yang berbatasan langsung dengan Malaysia. ''Kalau masalah masyarakat berburu pekerjaan ke Malaysia, saya pikir wajar-wajar saja,'' terangnya. 

Ringgit lebih laku dibanding rupiah. Foto: dok/Jawa Pos Group MATA uang Malaysia, ringgit lebih laku di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Ya, di wilayah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News