Waduh... Warga Daerah Ini Suka Begituan di Sungai

Waduh... Warga Daerah Ini Suka Begituan di Sungai
Ilustrasi Sungai. Foto: JPNN

jpnn.com - TANJUNG SELOR – Kebiasaan buang air besar secara sembarangan masih dilakukan warga di 52 dari 84 desa di Bulungan. Warga di desa itu sering buang hajat di bantaran sungai. Hal itu menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan Bulungan.

“Meski demikian, dari 50-an desa itu, rata-rata 60 persen ke atas warganya yang sudah tidak BAB sembarangan. Artinya tinggal sedikit saja,” ungkap Kabid Kesehatan dan Lingkungan Imam Sunjono pada Berau Post, Sabtu (21/11) kemarin.

Ironisnya, hal itu tak hanya terjadi di pedesaan atau pedalaman. Warga di Tanjung Selor yang merupakan ibu kota Bulungan juga masih suka buang air besar sembarangan.

“Justru di desa-desa yang sudah 100 persen. Di kota, utamanya di daerah pinggiran, seperti di Bulu Perindu, Tanjung Selor Hulu, masih banyak warganya yang BAB di sungai,” ujar Imam.

Berbagai langkah sudah dilakukan. Di antaranya membangun jamban atau WC di desa-desa melalui program CSR. “Selain itu ada juga dari institusi lain, seperti dari TNI yang mempunyai program pembangunan 1.000 jamban,” imbuh Imam. (nug/udi/jos/jpnn)

 

 

 

TANJUNG SELOR – Kebiasaan buang air besar secara sembarangan masih dilakukan warga di 52 dari 84 desa di Bulungan. Warga di desa itu sering

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News