NCBI: Sekali Tepuk Sudirman Said Buka 4 Pilar

NCBI: Sekali Tepuk Sudirman Said Buka 4 Pilar
Direktur Eksekutif Nation and Character Building Institute (NCBI), Juliaman Saragih. FOTO: DOK.PRI for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Direktur Eksekutif Nation and Character Building Institute (NCBI), Juliaman Saragih menilai laporan Menteri ESDM Sudirman Said ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait rekaman percakapan Ketua DPR Setya Novanto dengan Petinggi PT Freeport Indonesia, tidak membuat Indonesia terbelah. Sebaliknya, yang terbelah hanya antar elit-elit politik dan birokrasi kekuasaan yang selama ini kecanduan mencari rente di 'ruang gelap' pengelolaan sumber daya alam Indonesia.

“Laporan Sudirman Said juga membuktikan baik di Petral dan Freeport Indonesia adanya saling sandera antara elit-elit politik dan birokrasi kekuasaan dengan mafia Indonesia. Kita menunggu pembongkaran kerja mafia di lintas sektoral lainnya,” kata Juliaman Saragih kepada JPNN.com, Senin (23/11).

Menurut Juliaman, Freeport Indonesia tidak membelah Indonesia. Sungguh bodoh kalau Freeport Indonesia secara sengaja merekam pembicaraan dengan Setya Novanto dan pengusaha minyak, Reza Chalid (RC).

“Bukankah FI (Freeport Indonesia), SN (Setya Novanto) dan RC masuk perangkap? Sekali tepuk Sudirman Said membuka aib 4 pilar,” kata Juliaman.

Juliaman berharap Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bisa memanfaatkan momentum ini untuk memperbaiki tata kelola sumber daya alam dan 9 bahan pokok rakyat.

“Tanpa tindakan hukum yang keras, cita-cita luhur Negara Proklamasi Indonesia hanya sebatas mimpi,” tegas Juliaman.(fri/jpnn)


JAKARTA – Direktur Eksekutif Nation and Character Building Institute (NCBI), Juliaman Saragih menilai laporan Menteri ESDM Sudirman Said ke


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News