Tanda-tanda Mengejutkan Dari Kekurangan Zat Besi

Tanda-tanda Mengejutkan Dari Kekurangan Zat Besi
ILUSTRASI. FOTO: Yahoo

jpnn.com - Wanita dan anak-anak rentan kekurangan zat besi. Salah satu penyebabnya adalah siklus menstruasi yang dialami wanita yang mengeluarkan banyak darah. Sementara anak-anak kekurangan zat besi karena konsumsi nutrisi yang tak mencukupi.

“Peran utama zat besi adalah untuk membawa oksigen dalam darah ke setiap sel dalam tubuh," kata peneliti Beth Thayer, RDN, MS, seperti dilansir laman Yahoo Health, Minggu (22/11).

Zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru dan mengangkut ke seluruh tubuh. Jika tubuh Anda tidak memiliki cukup zat besi, maka tubuh tidak bisa menghasilkan sel pembawa oksigen yang sehat. Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab utama anemia, yang berarti Anda memiliki terlalu sedikit hemoglobin.

Berikut adalah tanda-tanda mengejutkan dari kekurangan zat besi.

1. Kelelahan ekstrim

“Ini adalah salah satu tanda yang paling umum dari kekurangan zat besi karena itu berarti tubuh Anda sedang mengalami kesulitan membawa oksigen ke sel-sel tubuh Anda sehingga memengaruhi tingkat energi Anda," kata Thayer.

Orang yang kekurangan zat besi dalam darah mereka sering merasa lesu, lemah dan tidak bisa fokus.

2. Sering infeksi

Wanita dan anak-anak rentan kekurangan zat besi. Salah satu penyebabnya adalah siklus menstruasi yang dialami wanita yang mengeluarkan banyak darah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News