Kok Bisa Lion Air Jual Tiket Melebihi Kapasitas?

Kok Bisa Lion Air Jual Tiket Melebihi Kapasitas?
Lion Air. Foto: Dokumen

jpnn.com - JAKARTA - Maskapai Lion Air kembali berulah. Maskapai milik Rusdi Kirana ini kedapatan menjual tiket di luar kapasitas angkut pesawat. Pada penerbangan rute Jakarta-Makassar pada Sabtu (21/11) lalu, pesawat nomor penerbangan JT 898 itu kelebihan 85 penumpang.

Dari 215 kapasitas penumpang, namun penumpang yang check in ke rute yang sama mencapai 300 orang. Kok bisa Lion Air menjual tiket melebihi kapasitas angkut?

"Sebetulnya gini, pesawat tidak mungkin over kapasitas karena harus sesuai dengan jumlah tempat duduk yang ada," ujar Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Kementerian Perhubungan, JA Barata di kantornya, Jakarta, Senin (23/11).

Barata menduga, biang kerok yang menyebabkan permasalahan tersebut lantaran kurangnya koordinasi di internal Lion Air. Sehingga menyebabkan kelebihan penumpang. Sementara, mengenai permasalahan tersebut, saat ini Kemenhub telah melakukan investigasi lebih mendalam.

"Yang jadi masalah antara penjualan tiket dengan operasi harusnya ada komunikasi pada waktu keberangkatan, itu yang mungkin jadi masalah," kata Barata.

"Tentu akan dianalisis secara keseluruhan nanti, apakah Lion dalam mengelola penumpang over atau tidak diperhitungkan kembali," imbuh Barata. (chi/jpnn)


JAKARTA - Maskapai Lion Air kembali berulah. Maskapai milik Rusdi Kirana ini kedapatan menjual tiket di luar kapasitas angkut pesawat. Pada penerbangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News