Jago untuk Pilkada Kaltara di Atas Angin, PDIP Siapkan Tim Pengaman

Jago untuk Pilkada Kaltara di Atas Angin, PDIP Siapkan Tim Pengaman
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama calon gubernur Kaltara, Irianto Lambrie (kiri) dan wakilnya, Udin Hianggio dalam rapat koordinasi dan konsolidasi struktur PDI Perjuangan Kaltara di Tarakan, Senin (23/11). Foto: DPP PDIP for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - PDI Perjuangan menganggap Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sebagai daerah otonom baru punya makna strategis untuk dikuasai secara politik. Karenanya, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu berupaya keras untuk meloloskan jagonya agar terpilih menjadi gubernur definitif pada pilkada Kaltara iyang digelar 9 Desember nanti.

Menurut Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Kaltara perlu dipimpin figur gubernur yang sejalan dan satu visi dengan kebijakan Presiden Joko Widodo. Sebab, sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Kaltara harus dipimpin sosok yang mampu menerjemahkan keinginan Jokowi -sapaan Joko Widodo- dan PDIP tentang wilayah perbatasan sebagai halaman depan.

Sebagaimana siaran pers DPP PDIP, Hasto mengatakan bahwa jika kelak Kaltara dipimpin gubernur yang dijagokan partai berlambang kepala banteng itu, maka proses pembangunannya bakal lebih cepat. Sebab, hal itu akan memudahkan upaya membangun sinergi dengan pemerintahan pusat yang juga dipimpin PDIP.

“Presiden Jokowi, menteri dari PDIP ditambah lagi menteri yang ada kedekatan dengan PDIP akan semakin mempercepat kemajuan pembangunan Kaltara yang merupakan provinsi baru,” ujar Hasto dalam rapat koordinasi dan konsolidasi struktur PDI Perjuangan di Tarakan, Kalimantan Utara, Senin (23/11).

Untuk pilkada Kaltara, PDIP telah mengusung pasangan Irianto Lambrie-Udin Hianggio. Selain itu ada pula jago-jago PDIP untuk pemilihan bupati di wilayah Kaltara. Antara lain Ingkong ala di Bulungan, Asmin Laura Hafudz di Nunukan, serta Markus S yang dijagokan sebagai calon bupati di Tana Tidung.

Hasto menambahkan, jika para kepala daerah di Kaltara berasal dari PDIP maka hal itu akan mempermudah pembangunan. Terlebih dengan status sebagai daerah otonom baru, Kaltara harus bisa menjalin kerja sama, termasuk di antara para bupatinya.

Hasto pun mengingatkan, sinergi harus dikedepankan untuk mengejar ketertinggalan. “Pemerintah pusat bersama daerah harus satu kesatuan untuk mempercepat pembangunan Kaltara sehingga bisa mengejar kertinggalan dengan provinsi lainnya,” tambahnya.

Khusus pasangan Irianto-Udin, Hasto mengaku sangat optimistis duet bernomor urut 2 itu bakal memenangi pemilihan. Selain mesin PDIP yang terus bergerak, kata Hasto, pasangan Irianto-Udin juga didukung mayoritas partai. Yakni Golkar, Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP dan PBB.

JAKARTA - PDI Perjuangan menganggap Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sebagai daerah otonom baru punya makna strategis untuk dikuasai secara politik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News