Kemenpora Bakal Rekrut Ribuan Pemuda sebagai Relawan Siaga Bencana

Kemenpora Bakal Rekrut Ribuan Pemuda sebagai Relawan Siaga Bencana
Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Yuni Purwanti (jongkok) saat mewakili Menpora Imam Nahrawi menanam pohon mahoni dalam acara penghijauan bersama para pemuda di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Senin (23/11). Foto: Kemenpora for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga merasa perlu untuk ikut mengatasi berbagai bencana alam yang marak di tanah air. Untuk itu, kementerian pimpinan Imam Nahrawi itu bakal merekrut ribuan pemuda sebagai relawan yang akan siaga setiap saat guna diterjunkan ke lokasi bencana.

Kini, salah satu yang menjadi perhatian Kemenpora adalah imbas kebakaran lahan dan hutan yang memunculkan kabut asap. Senin (23/11), Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Yuni Purwanti mengunjungi Kabupaten Kabupaten Ogan Ilir di Sumatera Selatan yang beberapa waktu lalu juga mengalami kebakaran lahan dan hutan.

Menurutnya, karena musim penghujan sudah tiba maka kini saatnya para pemuda ikut turun tangan menghijaukan lahan yang sempat hangus terbakar. "Alhamdulillah sekarang sudah musim hujan, asap sudah hilang, api sudah padam. Saatnya kita hijaukan kembali lahan yang kemarin terbakar," ujar Yuni sebagaimana siaran pers Kemenpora.

Yuni yang dalam kesempatan itu didampingi  Staf Khusus Menpora Bidang Kepemudaan, Zainul Munasichin, mengajak ratusan pemuda di Sumsel yang tergabung dalam Relawan Tanggap Bencana dan Peduli Sosial untuk menghijaukan lahan sekaligus menyiapkan antisipasi jika kelak bencana datang lagi. Menurutnya, upaya menanggulangi bencana kabut asap juga perlu dipersiapkan sedini mungkin kebakaran terjadi lagi.

"Sekarang kita tanam pohon sambil menyiapkan antisipasi musibah banjir dan konsolidasi untuk penanggulangan kabut asap secara dini musim kemarau tahun depan. Semoga bisa lebih baik," tambah Yuni.

Dalam acara hasil kerja sama Lembaga Citra Damai dan KNPI Kabupaten Ogan Ilir itu, Yuni yang mewakili Menpora Menpora Imam Nahrawi juga menyerahkan 250 bibit pohon mahoni sumbangan dari Yayasan Pertamina. Selain itu, Kemenpora juga menyerahkan santunan berupa biaya pengobatan kepada keluarga yang dirawat di rumah sakit akibat bencana kabut asap beberapa waktu lalu.

Sedangkan Zainul dalam kesempatan itu menambahkan, Kemenpora pada tahun depan bakal merekrut 3.400 pemuda. Mereka akan dilatih dan disiapkan sebagai relawan.

Zainul mengatakan, relawan rekrutan Kemenpora itu bakal siap dikirim ke mana saja di lokasi bencana. “Ini sebagai bagian dari kepeloporan dan voluntary (sukarela, red) pemuda, sekaligus mem-back up BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana, red),” jelasnya.(ara/JPG)

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga merasa perlu untuk ikut mengatasi berbagai bencana alam yang marak di tanah air. Untuk itu, kementerian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News