Soal Kedaulatan Energi, Ini Saran Effendi Simbolon

Soal Kedaulatan Energi, Ini Saran Effendi Simbolon
Doktor Effendi Muara Sakti Simbolon, menerima ucapan selamat dari Rektor Unpad Profesor Tri Hanggono Achmad, setelah dinyatakan lulus Doktor dengan Yudisium Cumlaude, di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/11). FOTO: DOK. Unpad for JPNN.com

jpnn.com - BANDUNG – Anggota Komisi I DPR RI Effendi Muara Sakti Simbolon berhasil meraih gelar Doktor bidang Ilmu Hubungan Internasional setelah dinilai mampu mempertahankan disertasinya, di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/11).

Selain meraih gelar akademik Doktor, politikus PDIP ini juga meraih Yudisium Cumlaude, dalam sidang yang berlangsung hampir 120 menit.

Effendi Simbolon mempresentasikan disertasinya “Peran Kerja Sama Internasional Indonesia dalam Meningkatkan Kedaulatan Energi” di hadapan Ketua Sidang Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr., Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga selaku Ketua Promotor, Prof. Drs. Yanyan M. Yani, PhD., dan Dr. Arry Bainus, M.A., selaku anggota tim promotor, Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, PhD., Drs. Taufik Hidayat, PhD., dan Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, selaku tim Oponen Ahli, serta Prof. Dr. Drs. H. Nasruloh Nazsir, M.S., selaku representasi Guru Besar.

“Jujur, dari penelitian saya ini, mengoreksi sikap politik saya saat ini. Saya bergabung dengan partai yang mengedepankan kedaulatan energi. Selama ini dalam pemikiran saya, pemikiran pre-judice bahwa pemerintah tidak mau menuju kedaulatan energi. Dengan desertasi ini sebagian besar terkoreksi. Tidak sepenuhnya proses renegosiasi menuju kedaulatan energi itu bukan karena mental in-lander," kata Effendi.

Effendi menjelaskan kerja sama internasional yang dilakukan Indonesia ternyata dapat meningkatkan kedaulatan energi nasional. Hal ini dilakukan salah satunya untuk menyelesaikan beragam masalah yang diakibatkan oleh permasalahan energi.

“Indonesia sebenarnya dihadapkan pada konsekuensi yang diakibatkan oleh persoalan yang ada mengenai energi, oleh karenanya perlu segera disadari melakukan pilihan yang tepat untuk me-manage segala keterbatasan tersebut," sarannya.

Dia menambahkan, kerja sama internasional dalam konteks energi harus berpijak pada pentingnya menempatkan Indonesia untuk tetap berdaulat energi. Dengan demikian diharapkan makna kesejahteraan suatu negara dapat terwujud. Salah satu alasan penting dibangunnya kedaulatan energi didasarkan pada kesiapan Indonesia dalam memenuhi kebutuhan energi.

Menurutnya, adanya kedaulatan energi didasarkan pada bagaimana Indonesia bisa memenuhi kebutuhan energinya.

BANDUNG – Anggota Komisi I DPR RI Effendi Muara Sakti Simbolon berhasil meraih gelar Doktor bidang Ilmu Hubungan Internasional setelah dinilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News