Musim Lalu Chelsea Merugi Rp 1,1 Triliun

Musim Lalu Chelsea Merugi Rp 1,1 Triliun
Musim Lalu Chelsea Merugi Rp 1,1 Triliun
MUSIM lalu menjadi masa kelabu bagi Chelsea. Tak hanya gagal meraih satupun gelar, kondisi keuangan The Blues - julukan Chelsea - juga merugi. Jumlahnya 65,7 juta pounds atau sekitar Rp 1,1 triliun (kurs 1 pounds = Rp 16.930). Tapi, kerugian itu menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 74,8 juta pounds (sekitar Rp 1,2 triliun).

Kerugian terbesar Chelsea di era Roman Abramovich terjadi pada musim 2004/2005 dengan nilai 140 juta pounds atau sekitar Rp 2,38 triliun. Nominal itu setara dengan dana akuisisinya. Klaim dari BBC, Abramovich total sudah menginvestasikan 710 juta pounds (sekitar Rp 12 triliun) selama enam tahun di Stamford Bridge.

''Investasi klub sepak bola adalah jangka panjang. Laporan keuangan musim lalu telah menunjukkan jika Chelsea masih dalam trek bisnis yang benar,'' kata Peter Kenyon, chief executive Chelsea, kepada Sportinglife.

Padahal, Chelsea harus mengeluarkan dana ekstra 23,1 juta pounds (sekitar Rp 393 miliar) untuk kompensasi pergantian pelatih di tengah jalan yang dialami Jose Mourinho dan Luiz Felipe Scolari. ''Bujet itu termasuk pergantina lima staf pelatih,'' terang Kenyon.

MUSIM lalu menjadi masa kelabu bagi Chelsea. Tak hanya gagal meraih satupun gelar, kondisi keuangan The Blues - julukan Chelsea - juga merugi. Jumlahnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News