SELAMAT: STPI Lantik 127 Pilot

SELAMAT: STPI Lantik 127 Pilot
ILUSTRASI. FOTO: Fixabay.com

jpnn.com - TANGERANG – Sebanyak 127 orang siswa Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang, Banten diwisuda, Rabu (25/11). Para siswa itu berasal dari berbagai program studi Program Diploma IV dan D II-III.

Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Yudhi Sari Sitompul menjelaskan STPI saat ini baru mampu menghasilkan tenaga pilot maksimum 120 orang pilot per tahun.

“Jumlah yang dihasilkan ini memang masih terbatas. Keterbatasan tersebut karena disebabkan oleh kurangnya ruang udara untuk latihan terbang siswa-siswi STPI,” ujar Yudhi.

Pihaknya berharap Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub akan menambah lagi 12 ruang udara yang akan digunakan sebagai zona latihan terbang siswa-siswi STPI. Dengan begitu, dia menargetkan STPI akan mampu menghasilkan minimum 200 pilot per tahun.

“Jurusan teknik pesawat udara di STPI saat ini telah berstandar internasional, European Aviation Safety Agency (EASA), sehingga tidak kalah dengan sekolah penerbangan di negara lain, bahkan telah siap bersaing dengan Asean. Ke depan STPI akan meningkatkan standar kelulusan dengan mewajibkan siswa-siswinya memiliki nilai TOEFL minimal 500,” terang dia.

Selain dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, STPI juga telah menjalin kerjasama dengan PT Angkasa Pura II, maskapai Garuda Indonesia, dan Airnav Indonesia untuk menghasilkan SDM penerbangan yang berkualitas.(chi/jpnn)


TANGERANG – Sebanyak 127 orang siswa Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang, Banten diwisuda, Rabu (25/11). Para siswa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News