VIDEO: Sosok Polisi Berjilbab Pertama di Australia

VIDEO: Sosok Polisi Berjilbab Pertama di Australia
VIDEO: Sosok Polisi Berjilbab Pertama di Australia

Maha Sukkar adalah salah seorang anggota polisi di negara bagian Victoria yang menggunakan jilbab. Salah satu tugasnya adalah menangani komunitas dari berbagai latar belakang. Sulitkah sebagai seorang muslimah menjadi polisi di Australia?

Tessalaar di kota pedalaman Silvan, sekitar 40 km dari pusat kota Melbourne. - See more at: http://australiaplus.com/indonesian/2015-09-28/menghabiskan-akhir-pekan-di-festival-tulip-tesselaar/1497506#sthash.RThRyMqd.dpuf

Saat pertama kali bergabung dengan Kepolisian negara bagain Victoria, atau Victoria Police, Maha Sukkar adalah satu-satunya polisi perempuan yang menggunakan jilbab.

"11 tahun lalu saya bergavung di kepolisian, tidak ada polisi yang memakai jilbab di Australia," ujarnya. "Sejak saya bergabung, ada aturan yang berubah, kami mengajak semua pemeluk agama dan kepercayaan untuk bergabung."

Ia mengaku pertama kali orang-orang melihatnya, banyak yang bertanya, "kamu ini apa?"

"Saya selalu mengatakan bahwa saya adalah seorang Muslimah dan menggunakan jilbab. Kadang saya bercanda dengan mereka kalau saya ini adalah ninja atau smurf," katanya. Tentu saja bercandaan ini dimaksudkan agar tidak ada lagi pembatas dengan warga.

Kini, sudah ada beberapa anggota kepolisian perempuan yang menggunakan jilbab, baik di Victoria maupun di negara bagian lainnya.

Tidak ada perlakukan khusus bagi anggota polisi yang berasal dari kelompok minoritas, termasuk mereka yang memeluk agama dan kepercayaan.

Maha Sukkar adalah salah seorang anggota polisi di negara bagian Victoria yang menggunakan jilbab. Salah satu tugasnya adalah menangani komunitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News