Duh..Banjir Mengepung, Warga Baleendah Bertahan Tanpa Listrik

Duh..Banjir Mengepung, Warga Baleendah Bertahan Tanpa Listrik
Aparat Polsek Baleendah mempersiapkan perahu untuk evakuasi warga Cieunteng. Foto: Yully S Yulianti/Bandung Ekspres/JPG

jpnn.com - BALEENDAH - Banjir mulai menghantui banyak daerah. Salah satunya, wilayah yang berada di sekitar Sungai Citarum, Bandung.

Warga di Kampung Cieunteung Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, kini harus siaga siap mengungsi. Mereka masih bertahan di rumahnya, meski hingga Kamis (26/11) malam, luapan Sungai Citarum sudah mencapai ketinggian sekitar 80 sentimeter.

Pihak Polsek Baleendah juga sudah waspada, dan mengirimkan perahu ke wilayah Cieunteung untuk mengevakuasi para warga. Kapolsek Baleendah Kompol Suhari mengatakan, setelah melakukan patroli, pihaknya langsung membawakan perahu yang sudah disiapkan oleh Polres Bandung untuk evakusi para warga. 

"Kami patroli sekaligus melakukan evakuasi warga. Jika saja ketinggian air terus naik, warga harus segera meninggalkan rumahnya. Nah sekarang juga, walaupun ketinggian air baru sekitar 80 sentimeter, kami sudah meminta warga untuk segera menuju pengungsian,” kata Suhari, seperti dikutip dari Bandung Ekspres, Jumat (27/11).

Suhari mengatakan, beberapa lokasi pengungsian memang telah disiapkan, di antaranya GOR Inkanas dan GOR KNPI. ”Jika air tiba-tiba besar dan merendam pemukiman warga (di Kampung Cieunteung, Cigosol, Andir dan lainnya), pengungsian untuk mereka sudah disiapkan,” jelasnya.

Ketua RW 20, Jaja mengungkapkan, air mulai masuk kampung mereka kemarin sekitar pukul 15.00. Guyuran hujan deras yang terjadi di hulu Sungai Citarum serta di sekitar Bandung Raya, jadi penyebabnya. Akibatnya, air dari Sungai Citarum meluap dan masuk Kampung Cieunteung yang memang berada di tepi Citarum yang posisinya lebih rendah. 

"Sebenarnya kemarin malam juga air sudah masuk ke pemukiman dengan ketinggian sekitar 60 sentimeter. Namun tadi siang surut lagi, eh sorenya hujan besar air datang lagi, sekarang tingginya sekitar 80 sentimeter,” ungkap Jaja.

Dia mengatakan, warga masih bertahan di rumahnya masing-masing. Sebab, mereka menganggap, ketinggian air masih dalam tahap wajar. Biasanya, kata dia, warga mulai mengungsi jika ketinggian air berada di atas satu meter. 

BALEENDAH - Banjir mulai menghantui banyak daerah. Salah satunya, wilayah yang berada di sekitar Sungai Citarum, Bandung. Warga di Kampung Cieunteung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News