Travelers, Ayo Ke Jakarta!!

Travelers, Ayo Ke Jakarta!!
Bundaran HI Jakarta, FOTO: jpnn.com

jpnn.com - APALAGI yang ditunggu saat akhir tahun kalau bukan liburan. Dan, salah satu destinasi yang bisa menjadi pilihan adalah Jakarta. Kenapa Jakarta? Jawabannya adalah kenapa tidak. Sebab, hampir semua ada di Ibu Kota yang denyut nadinya tak pernah tidur dalam 24 jam.

Apalagi, kini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan tengah gencar melakukan promosi. Terbaru, hadirnya Jakarta Tourism Expo (JTE) 2015. Sejak dikenalkan pada 2008 silam, JTE yang merupakan agenda rutin tahunan telah menjelma menjadi salah satu senjata andalan penarik jumlah wisatawan domestik ke Ibu Kota.

Untuk tahun 2015 ini JTE diselenggarakan di lima kota besar, yakni Surabaya (dihelat di Grand City Mal tanggal 13 – 15 November), Makassar, Medan, Pontianak, dan Balikpapan. ”Dalam periode JTE ini akan banyak kemudahan dan promo serta bonus yang diterima oleh wisatawan,” ucap Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Hari Wibowo.

Lebih lanjut Hari menjelaskan, pertumbuhan sarana dan prasarana wisata di Jakarta maju pesat dalam beberapa tahun terakhir. Buktinya, hingga kini tersedia lebih dari 1.200 tempat rekreasi, yang menyajikan beragam jenis hiburan yang siap memberikan berbagai pengalaman berbeda wisatawan domestik maupun mancanegara.

Di antaranya pusat perbelanjaan yang kini telah mencapai lebih dari 86 mal. ”Ini yang membuat Jakarta menjadi ikon perbelanjaan terkemuka di kawasan Asia. Bukti konkritnya adalah hadirnya Pasar Tanah Abang yang pembelinya berasal dari berbagai negara. Seperti Singapura, Malaysia, bahkan India,” jelas Hari.

Tak heran, karena kondisi itu jumlah pertumbuhan wisatawan ke kota yang kini dipimpin oleh Basuki Tjahaja Purnama tersebut naik antara 7 – 10 persen per tahunnya. Jumlah wisatawan domestik tahun lalu berjumlah  31 juta orang, dan wisatawan manca lebih dari 2,3 juta.

Beberapa paket wisata sudah disiapkan untuk menyambut tamu yang hadir selama akhir dan awal tahun mendatang. Mulai dari Enjoy Shopping, Enjoy Business, Enjoy Kuliner, Enjoy Nightlife, Enjoy Golf, Enjoy Marine Tourism, Enjoy Spa, dan Enjoy Heritage Jakarta. 

Agar berhasil, pemprov menggandeng beberapa stakeholder yang berhubungan dengan pariwisata. Di antaranya maskapai, hotel, dan asosiasi pusat perbelanjaan.

APALAGI yang ditunggu saat akhir tahun kalau bukan liburan. Dan, salah satu destinasi yang bisa menjadi pilihan adalah Jakarta. Kenapa Jakarta? Jawabannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News