Kriminalitas Naik, Kawasan Kuta Diawasi 100 CCTV

Kriminalitas Naik, Kawasan Kuta Diawasi 100 CCTV
Pantai Kuta. Foto: Miftahuddin/Radar Bali/dok.JPNN

jpnn.com - MANGUPURA – Pemkab Badung, Bali, menyetujui usulan dewan agar di wilayah “kampung turis” itu ditebari CCTV. Hal ini untuk menekan tingginya angka kriminalitas di wilayah Kuta.

Sejumlah titik strategis dan vital di kawasan Kuta dan sekitarnya akan dipasang CCTV tahun depan. Tidak main-main, Pemkab Badung menganggarkan pembelian CCTV ini sebesar Rp 26 miliar dalam APBD tahun 2016. Rencananya sekitar 90 titik akan diawasi CCTV. Sementara jumlah CCTV 100 unit lebih yang akan dipasang.

Rencana pengadaan kamera pengintai itu diungkapkan langsung penjabat (Pj) Bupati Badung, Nyoman Harry Yudha Saka saat memberikan jawaban pemerintah terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Badung kemarin (27/11).

Yudha mengungkapkan, terhadap usulan  pembangunan CCTV di beberapa kawasan strategis  di wilayah Kabupaten Badung pihaknya sependapat dengan dewan. “Saya akan alokasikan  anggaran  pada APBD 2016. Mengingat fasilitas  CCTV ini sangat dibutuhkan  dalam upaya peningkatan  pengamanan wilayah  Kabupaten Badung  khususnya pada kawasan pariwisata,” papar Yudha.

 Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Badung, Wayan Weda Darmaja menjelaskan, pihaknya segera melakukan koordinasi dengan aparat terkait. Mulai polisi, TNI dan sejumlah elemen masyarakat di Kuta.

“Kami merencanakan pemasangan CCTV tersebut di sejumlah titik di Kuta,” jelas Weda lewat ponselnya, kemarin. Lebih lanjut Weda menjelaskan, dari anggaran sebesar  Rp 26 miliar tersebut untuk sementara baru kawasan wisata di Kuta saja yang dipasang CCTV. Wilayah lain akan diusulkan pada tahun anggaran berikutnya.

“Untuk anggaran Rp 26 miliar itu juga sudah termasuk pembangunan ruangan  pemantau hingga gaji untuk pegawai,” tukas Weda.

Sementara itu, politisi asal Kuta I Gusti Anom Gumanti memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada pemerintah yang telah mengakomodir usulan tersebut. Hanya saja, ketua Fraksi PDIP itu menilai pemasangan CCTV belum menyelesaikan permasalahan secara menyeluruh.

MANGUPURA – Pemkab Badung, Bali, menyetujui usulan dewan agar di wilayah “kampung turis” itu ditebari CCTV. Hal ini untuk menekan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News