Anggota Polda Dilatih Teknik Bagaimana Secret Servis Amankan Obama

Anggota Polda Dilatih Teknik Bagaimana Secret Servis Amankan Obama
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Pasukan Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit) Polda Metro Jaya belajar banyak ilmy dari polisi militer Inggris. Salah satunya adalah berlatih pertarungan jarak dekat. Dalam latihan tersebut, pasukan terlatih dengan sigap menggunakan pistol dan tangan kosong ketika ancaman datang.

Direktur Pam Obvit, Kombes Pol Aan Suhanan mengatakan, pelatihan dengan polisi militer inggris tersebut bernama Closed Protection Team (CPT) atau disebut pengamanan jarak dekat. 

Menurutnya, petugas yang sudah terlatih, akan menjaga tamu VIP negara dan menjadi body guard pejabat penting di Kedutaan Besar.

"CPT (polisi militer Inggris) yang terbaik di dunia dalam penanganan terhadap pejabat penting. Jadi satu 4 personil mengamankan 1 pejabat, ketika ancaman datang mereka sudah tau apa yang harus dilakukan," kata Aan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, (28/11)

Bahkan, menurut informasi teknik CPT sudah diterapkan oleh secret service (paspampres Amerika Serikat) guna mengamankan Presiden Obama.

Menurut Aan, hal ini guna mengantisipasi ancaman teror yang beredar di tatanan Kedubes. Maka dari itu, penting bagi kepolisian mengadopsi pelatihan CPT agar memberi rasa aman kepada pejabat Kedubes yang ada di DKI Jakarta.

"Sudah 60 pasukan mendapat pelatihan. Sebelum ini polda metro juga pernah berlatih bersama polisi militer Inggris, tapi bukan konten seperti pertarungan jarak dekat ini," pungkasnya. (Mg4/jpnn)


JAKARTA - Pasukan Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit) Polda Metro Jaya belajar banyak ilmy dari polisi militer Inggris. Salah satunya adalah berlatih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News