Jaksa Agung Jangan Hanya Uber Buron Korupsi, tapi Harus Kejar Asetnya

Jaksa Agung Jangan Hanya Uber Buron Korupsi, tapi Harus Kejar Asetnya
Kejaksaan Agung. Foto: dok.JPNN

JAKARTA - Jaksa Agung M.Prasetyo didesak melakukan penelusuran aset koruptor buronan yang masuk dalam pencarian orang dan kabur ke luar negeri.

Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsy mengatakan, sudah tepat Jaksa Agung yang memanfaatkan forum internasional seperti Konferensi  Jaksa Agung Se ASEAN-China untuk membahas persoalan buron dan aset negara.

Namun hal ini harus difollow up secara teknis agar bisa menangkap buron kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia dan kasus lain yang banyak melarikan diri ke luar negeri.

Dia mencatat, setidaknya ada 29 buron yang ditengarai pernah berada di Singapura. Sedangkan enam buron ada di China.

"Bila tak salah, para koruptor yang buron tersebut banyak menjadikan Singapura dan China sebagai negara tujuan," kata Aboebakar, Minggu (29/11).


Menurut Aboebakar, kerjasama tersebut seharusnya tidak hanya diakukan untuk mencari buron saja, tetapi juga melacak keberadaan aset haram para koruptor.

"Dengan penelusuran aset  tersebut, diharapkan Kejaksaan Agung akan dapat mengembalikan kekayaan negara yang dibawa lari oleh koruptor tersebut," ungkapnya. (boy/jpnn)
 


JAKARTA - Jaksa Agung M.Prasetyo didesak melakukan penelusuran aset koruptor buronan yang masuk dalam pencarian orang dan kabur ke luar negeri. Anggota


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News