Lho Ternyata Menteri Rini Suka Ngutang, Pengamat: Dia Tak Paham Nawacita

Lho Ternyata Menteri Rini Suka Ngutang, Pengamat: Dia Tak Paham Nawacita
Menteri BUMN Rini Soemarno. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik Tjipta Lesmana mengatakan, Menteri BUMN Rini Soemarno adalah contoh menteri yang tidak mengerti soal nawacita. Pasalnya, imbuhnya, Rini terus memupuk hutang pada asing. Padahal, kata dia, dalam nawacita, kemandirian ekonomi adalah yang diutamakan. 

"Saya bingung Rini Soemarno kenapa getol bikin hutang sana sini. Teken utang ke asing terus. Mana Nawacitanya," ujar Tjipta dalam diskusi 'Bersih-bersih Kabinet Menggusur Menteri Antinawacita dan Trisaksi' di Jakarta Pusat, Minggu (29/10).

Salah satu yang dipertanyakan Tjipta  adalah sikap keras Rini yang kukuh ingin menjalankan proyek kereta cepat dan berhutang pada Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Ditambah utang tiga bank BUMN pada RRT. Menurutnya, tidak ada urgensi peminjaman uang ke asing tersebut.

"Bank-bank BUMN disuruh utang ke luar negeri. Ini apa maksudnya Rini? Kenapa 

Indonesia makin tergantung pada asing. Kereta cepat Jakarta Bandung, apa urgensinya," imbuhnya.

Tjipta mengingatkan Jokowi bahwa menteri seperti Rini tidak tahu kemandirian ekonomi yang diusung Nawacita. Rini dianggap hanya mengusung kepentingan lain, bukan atas nama masyarakat. 

"Kita makin jauh dari Nawacita karena menteri seperti Rini," tandasnya. (flo/jpnn)


JAKARTA - Pengamat politik Tjipta Lesmana mengatakan, Menteri BUMN Rini Soemarno adalah contoh menteri yang tidak mengerti soal nawacita. Pasalnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News