Yakinlah, Indonesia Punya Sumber Daya untuk Bisa Mandiri

Yakinlah, Indonesia Punya Sumber Daya untuk Bisa Mandiri
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) bersama anggota FPDIP DPR Rieke Diah Pitaloka dan calon Gubernur Kepulauan Riau, Soerya Respationo di Batam, Minggu (29/11). Foto: DPP PDIP for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan terus menyatakan optimismenya bahwa Indonesia bisa mewujudkan kemandirian di bidang perekonomian. Menurutnya, Indonesia memiliki banyak sumber daya untuk bisa menjadi bangsa dan negara yang mandiri sebagaimana salah satu cita-cita dalam Trisaksi gagasan Bung Karno.

Megawati menyampaikan pernyataannya saat mengunjungi Batam, Kepulauan Riau, Minggu (29/11) dalam rangka kampanye bagi pasangan Soerya Respationo-Ansar Ahmad yang diudung PDIP pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kepri. Dalam kesempatan itu, Presiden RI kelima tersebut menyempatkan diri mengunjungi galangan kapal milik PT Anggrek Hitam di Batam.

Megawati mengatakan, Indonesia punya sumber daya yang mencukupi untuk bisa mandiri. "Dengan semua resources yang kita punya, kita mengembangkan kemandirian nasional," katanya sebagaimana dikutip dari siaran pers DPP PDIP.

Terlihat mendampingi Megawati antara lain putranya yang juga Ketua DPP PDIP Bidang Ekonomi Kreatif, Prananda Prabowo, Wakil Sekjen PDIP Eriko Sotarduga, serta Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga, Sukur Nababan. Sejumlah anggota Fraksi PDIP DPR juga ikut. Antara lain Rieke Diah Pitaloka, Dwi Ria Latifah dan Masinton Pasaribu.

Sedangkan Eriko menjelaskan, DPP PDIP dan fraksinya di DPR akan berupaya mengawal kebijakan pusat bisa sejalan dengan kebutuhan daerah. Ia menegaskan, upaya membangun sinergi akan lebih mudah jika calon-calon kepala daerah yang diusung PDIP bisa terpilih di pilkada.

Ia mencontohkan, kebijakan pemeirntah pusat yang diectuskan Presiden Joko Widodo, akan mudah diterapkan di Kepulauan Riau jika yang terpilih menjadi gubernur nanti Soerya. Selanjutnya, kata Eriko, PDIP bisa mengawalnya melalui dukungan di parlemen.

"Pemerintahan pusat sudah datang dari PDI-P di mana ada Pak Jokowi. Nanti nyambung ke Pak Soerya di Kepri dan kami di legislatif akan mendukungnya. Tentu manfaat terbesar dari semua ini akan diterima warga Kepulauan Riau," ujar anggota Komisi V DPR yang membidangi perhubungan dan infrastruktur itu.

Sedangkan Rieke mengatakan, partainya terus berupaya mewujudkan kemandirian nasional melalui sinergi tiga pilar PDIP. Yakni kader di struktur pengurus partai, kader di eksekutif dan legislatif.

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan terus menyatakan optimismenya bahwa Indonesia bisa mewujudkan kemandirian di bidang perekonomian. Menurutnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News