Sembilan Pilkada Serentak di Kaltim, Kutai Timur Paling Rawan

Sembilan Pilkada Serentak di Kaltim, Kutai Timur Paling Rawan
Pilkada 2015. Ilustrasi dok.Jawa Pos

JAKARTA - Anggota DPD RI dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Idris mengatakan ada sembilan kabupaten/kota di Kaltim yang akan menyelenggarakan pilkada serentak pada 9 Desember 2015. Yakni Kota Samarinda, Bontang, Balikpapan, Kabupaten Kutai Timur, Kutai Barat, Paser, Kutai Kartanegara, Berau, dan Mahakam Ulu.

Salah satu yang perlu dicermati dalam pilkada serentak di Kaltim, ujar Idris, adalah peringatan Bawaslu Kaltim tentang kerawanan pilkada di sejumlah daerah Kaltim.

"Bawaslu sudah merilis variabel dan indikator dalam Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2015 dengan indikator lima aspek seperti profesionalitas penyelenggara, politik uang, akses pengawasan, partisipasi masyarakat dan keamanan daerah," kata Muhammad Idris, di Jakarta Senin (30/11).

Hal yang menarik ujarnya, Bawaslu mengukur kerawanan mulai dari indeks 0.00 sampai 3.50. Dari data indeks tersebut diperoleh kesimpulan bahwa Kabupaten Kutai Timur menjadi kabupaten yang paling tinggi perkiraan terjadi kerawanan pilkada dengan nilai 3.16, lalu Kutai Barat (2.75), Kabapaten Berau (2.50), Samarinda (2.31), Kutai Kartanegara (2.29, Balikpapan (1.84), Bontang (1.58), Mahulu (1.48), dan Paser (1.24).

JAKARTA - Anggota DPD RI dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Idris mengatakan ada sembilan kabupaten/kota di Kaltim yang akan menyelenggarakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News