BACA NIH: Pesan Artis Cantik Pada Peringatan Hari AIDS

BACA NIH: Pesan Artis Cantik Pada Peringatan Hari AIDS
Penyanyi, Rossa. FOTO: Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Penyanyi Rossa meminta supaya masyarakat tidak menjauhi para penderita HIV/AIDS. Hal itu disampaikan berkaitan dengan peringatan Hari AIDS Sedunia. 

“Mereka yang terkena HIV bukan berarti mereka yang ternoda dan salah yang harus dijauhi," kata Rossa usai konferensi pers Konser 3 Generasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (1/12).

Penyanyi lagu Tegar ini pun berharap masyarakat paham mengenai penularan HIV/AIDS, seperti melalui transfusi darah, pergantian jarun suntik, dan seks bebas.

Menurut Rossa, penderita AIDS harus dirangkul dan diberikan semangat hidup. Bahkan, masyarakat bisa belajar dari ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) sehingga tidak terjangkit virus tersebut. 

“Yang pasti mudah-mudahan kampanye AIDS ini bagaimana mengatasi dan mencegah supaya tidak lebih banyak orang lagi (orang terkena AIDS) dan mengobati yang sudah terkena AIDS,” ungkap Rossa.

Terpisah, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mencatat sampai September 2015 secara kumulatif sebanyak 1.083 orang masyarakat terkena penyakit HIV/AIDS. Penderita HIV/AIDS di NTB ini diperkirakan akan terus bertambah.

Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS NTB, H Soeharmonto kepada Radar Lombok (Grup JPNN.com), Senin (30/11) kemarin, mengatakan kondisi saat ini sangat memprihatinkan.

Menurut Soeharmonto, berbagai faktor menjadi penyebab utama seseorang mengidap HIV/AIDS. Untuk NTB sendiri, akibat heteroseksual (gonta-ganti pasangan) sebanyak 728 orang atau 67,22 persen. Sedangkan faktor homoseksual sebanyak 102, dalam persentase 9,42. “Pola pacaran anak muda zaman sekarang juga sangat bahaya," ujarnya.

JAKARTA – Penyanyi Rossa meminta supaya masyarakat tidak menjauhi para penderita HIV/AIDS. Hal itu disampaikan berkaitan dengan peringatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News