Kasus Freeport dan Rekaman Setya Novanto, Dua Hal Yang Berbeda Loh

Kasus Freeport dan Rekaman Setya Novanto, Dua Hal Yang Berbeda Loh
Ketua DPR Setya Novanto. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pakar Hukum Tata Negara (HTN) dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Indra Perwira mengatakan anggota DPR saat ini bukan politisi sejati yang mengedepankan kepentingan bangsa.

Faktanya menurut Indra, bisa dilihat dalam kasus PT Freeport Indonesia (PTFI) yang sedang ramai dibicarakan terkait rekaman pembicaraan yang kabarnya berisi permintaan saham oleh Ketua DPR, Setya Novanto kepada Presdir PTFI Maroef Syamsuddin.

“Kasus PTFI dan rekaman Setya Novanto minta saham dua hal yang berbeda. Sayangnya para anggota DPR lebih menyoal masalah rekaman pencatutan nama presiden dan wapres, ketimbang masalah PTFI yang jauh lebih besar. Ini menandakan bahwa para politisi kita saat ini tidak pernah berpikir jauh ke depan,” kata Indra Perwira, saat dihubungi, Selasa (1/12).

Kalau anggota DPR saat ini sudah menjadi politisi, menurut Indra suara mereka akan jauh lebih keras kepada PTFI. Sayangnya, para politisi ini hanya memikirkan keuntungan diri sendiri.

“Artinya, kita bukan mau membenarkan tindakan Setya Novanto kalau memang benar seperti itu, maka harus ada tindakan tegas dari partainya. Tapi lepas dari itu seharusnya konteks pertama yang harus dilawan oleh politisi itu adalah masalah PTFI. Kalau perlu ada yang bersuara usir PTFI. Karena banyak yang obventurir, jadinya ya seperti sekarang,” ujarnya.

Karena itu, ramainya pembicaraan masalah PTFI lanjutnya, harus dijadikan momentum bagi pemerintah dan DPR untuk mengagendakan penyelesaian kasus ini dengan berbagai negosiasi yang hasilnya tidak lagi merugikan bangsa ini.

“Banyak pelanggaran konstitusi dalam masalah PTFI. Ini masalah kedaulatan negara dan ini harus segera diselesaikan," tegasnya.

Jika pemerintah dan DPR tidak menyelesaikan masalah PTFI ini dan hanya memikirkan diri sendiri, menurut Indra, ini akan semakin mempercepat revolusi.

JAKARTA – Pakar Hukum Tata Negara (HTN) dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Indra Perwira mengatakan anggota DPR saat ini bukan politisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News