Ternyata, Daerah Ini Terbanyak Kasus HIV-AIDS

Ternyata, Daerah Ini Terbanyak Kasus HIV-AIDS
Foto ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - ACEH UTARA -  Jumlah jumlah penderita HIV-AIDS di Provinsi Aceh mencapai 374 kasus hingga September 2015. Kabupaten Aceh Utara merupakan daerah tertinggi kasus HIV-AIDS di Provinsi Aceh, yakni sebanyak 54 kasus.

Data ini terungkap dari paparan pengurus Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Aceh Utara, dr. Makhrozal.

Menurut Makhrozal, yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara, masalah HIV-AIDS diyakini bagaikan fenomena gunung es. Dari jumlah dipaparkan, dapat diestimasikan penderita mencapai 37.400 kasus di Aceh.

Dijelaskan, Human Immunodeficiency Virus atau lebih dikenal dengan istilah HIV, merupakan virus menyebabkan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Virus ini merusak sistim kekebalan pada tubuh, dan sampai saat ini belum ada obat bisa secara menyeluruh menyembuhkannya.

“Pada saat darah terinfeksi virus HIV, maka sistem kekebalan tubuh diserang dan dirusak dengan perlahan-lahan. Akibat lemahnya kekebalan tubuh, maka segala penyakit akan mudah menyerang,” ujar Makhrozal.

Untuk Kabupaten Aceh Utara sendiri, lanjutnya, dari data KPAK sejak Juli 2007 hingga Oktober 2015, terdapat 54 kasus, tersebar di 20 kecamatan dari 27 kecamatan yang ada. (agt/ibi/sam/jpnn)


ACEH UTARA -  Jumlah jumlah penderita HIV-AIDS di Provinsi Aceh mencapai 374 kasus hingga September 2015. Kabupaten Aceh Utara merupakan daerah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News