Jelang Natal dan Tahun Baru, Inkopkar Jual Gula Murah di Pontianak

Jelang Natal dan Tahun Baru, Inkopkar Jual Gula Murah di Pontianak
Kegiatan operasi pasar gula murah yang digelar Induk Koperasi Kartika (Inkopkar) di salah satu daerah di luar Pulau Jawa. Foto: Inkopkar for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Induk Koperasi Kartika (Inkopkar) menggelar serangkaian operasi pasar (OP) di berbagai kota seiring semakin dekatnya Natal dan tahun baru. Hari ini (4/12), Inkopkar yang sebelumnya bernama Induk Koperasi Angkatan Darat (Inkopad) menggelar operasi pasar untuk menjual gula murah di Pontianak, Kalimantan Barat dan Makasaar, Sulawesi Selatan.

Dalam catatan Inkopkar, saat ini persediaan gula di Pontianak sudah semakin menipis. Akibatnya, harganya pun terus merangkak naik.

Harga jual gula di Pontianak dibanderol Rp 11.000 per kilogram. Sedangkan di luar Pontianak, harganya bisa mencapai Rp 12.000 per kg.

Tentu saja operasi pasar gula murah itu disambut warga Pontianak dan sekitarnya. Fatimah, warga Desa Mariana, Kecamatan Pontianak Kota, Pontianak mengaku sangat terbantu dengan OP gula murah yang digelar Inkopkar itu.

Dengan harga di bawah eceran, katanya, kualitas gula dari Inkopkar itu juga bagus. “Kita senang. Kalau ada lagi, saya pasti akan beli,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Inkopkar, Brigjen TNI Felix Hutabarat mengaku telah menggandeng sejumlah distributor gula di 21 provinsi untuk menggelar OP. Menurutnya, sejauh ini sudah 68,358 ton gula yang disalurkan melalui OP Inkopkar.
 
Felix menjelaskan, OP itu sengaja menyasar daerah di luar Pulau Jawa. “Fokus OP adalah daerah-daerah di luar Pulau Jawa yang mengalami kenaikan harga,” ujarnya.
 
Sedangkan pengusaha gula Budi Hartono‎ memerkirakan harga gula di Kalimantan Barat bakal menanjak hingga Rp 1000 - Rp 1.500 per kg. Sebab, produksi gula nasional memang sedang menurun.

“Sehingga dampaknya terasa hingga ke daerah, termasuk Kalbar,” kata bos PT Agro Abadi itu.(ara/JPNN)

JAKARTA - Induk Koperasi Kartika (Inkopkar) menggelar serangkaian operasi pasar (OP) di berbagai kota seiring semakin dekatnya Natal dan tahun baru.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News