Produksi Pesawat Tempur KF-X/IF-X, Hubungan Indonesia - Korea Selatan Pada Tingkat Sempurna

Produksi Pesawat Tempur KF-X/IF-X, Hubungan Indonesia - Korea Selatan Pada Tingkat Sempurna
Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Cho Taiyoung (kiri) dan Menhan RI Ryamizard Ryacudu (kanan) menyaksikan menyaksikan penandatanganan Strategic Cooperation Agreement (SCA) antara PT. Dirgantara Indonesia (DI) dan Korea Aerospace Industries (KAI). Ltd di Kantor Kemhan, Jakarta, Jumat (4/12). FOTO: Puskom Publik Kemhan for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Cho Taiyoung menanggapi kerja sama bidang pertahanan antara Indonesia dan Korea Selatan khususnya kerja sama dalam program pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X.

Menurut Cho Taiyoung, saat ini hubungan antara Korea Selatan dan Indonesia ada pada tingkat yang sempurna. Korea Selatan memandang penting hubungan dengan Indonesia sebagai pemimpin di kawasan ASEAN.

Salah satu contoh yang sangat mencolok dalam kerja sama kedua negara adalah kerja sama di bidang pertahanan. Selama ini, kata dia, Indonesia dan Korea Selatan telah mengadakan banyak sekali kerja sama di bidang pertahanan. Korea Selatan telah membeli dan juga telah menjual berbagai peralatan pertahanan kepada Indonesia.

“Korea Selatan telah menjual pesawat  tempur T50 dan juga untuk bidang kapal selam pun sudah dilaksanakan kerja sama. Demikian juga Korea Selatan telah mengimpor pesawat dari Indonesia,” kata Cho Taiyoung saat menyaksikan penandatanganan Strategic Cooperation Agreement (SCA) antara PT. Dirgantara Indonesia (DI) dan Korea Aerospace Industries (KAI). Ltd di Kantor Kemhan, Jakarta, kemarin.

SCA tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PT. DI  Budi Santoso bersama CEO KAI.Ltd Ha, Sung Yong dan disaksikan langsung Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu.

Dubes Korea Selatan menyampaikan apresiasi bahwa hubungan kerja sama pertahanan kedua negara khususnya di bidang industri pertahanan telah meningkat menjadi hubungan pengembangan bersama melalui kolaborasi. Dan menjadi contoh utama dari kerjasama kolaborasi tersebut adalah proyek kerja sama pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X ini.

Menurutnya,  untuk mengadakan kerja sama di bidang pesawat tempur ini adalah satu hal tidak mudah, karena membutuhkan teknologi canggih yang sangat tinggi. Namun, dikatakan Dubes Korsel bahwa dalam rangka mewujudkan cita-cita Indonesia untuk dapat memajukan industri kedirgantaraan dan juga di bidang kapal selam, Korea Selatan adalah partner yang sangat tepat untuk dapat berkontribusi besar dalam pengembangan kedirgantaraan maupun kapal selam di Indonesia.

“Kami percaya dengan kerja sama antara Korea Selatan dan Indonesia bisa menghasilkan suatu solusi yang bisa menguntungkan kedua belah pihak,” ungkapnya.

JAKARTA - Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Cho Taiyoung menanggapi kerja sama bidang pertahanan antara Indonesia dan Korea Selatan khususnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News