100 Koperasi Abal-abal Akan Dibubarkan

100 Koperasi Abal-abal Akan Dibubarkan
ILUSTRASI. FOTO: Indo Pos/JPNN.com

jpnn.com - MALANG – Bersih-bersih koperasi kolaps dan abal-abal yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kota Malang, rupanya belum berakhir. Setelah belum lama ini dinkop merilis seratus koperasi yang akan dibubarkan, tahun depan rencananya dinkop akan kembali membubarkan seratus koperasi lain, yang dalam pembubaran kali ini tidak tersentuh.

Pembubaran tahap dua ini karena dinkop menengarai masih banyak koperasi kolaps dan abal-abal. Lantaran, dari data awal dinkop, ada 365 koperasi yang sudah kolaps. Jadi, meski sudah dibubarkan seratus koperasi, saat ini tersisa 265 koperasi yang diduga masih kolaps.

Kepala Dinkop dan UKM Kota Malang Anita Sukmawati mengatakan pembubaran koperasi beberapa waktu lalu bukanlah akhir dari proses bersih-bersih koperasi yang dilakukan.

”Karena keterbatasan anggaran dan personel, makanya bertahap. Tahun depan ada seratus koperasi lagi,” kata Anita kepada Harian Radar Malang (Grup JPNN) kemarin.

Menurut Anita, program pembubaran seratus koperasi tersebut sudah tercantum dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2016. ”Anggarannya sekitar lima puluh juta rupiah,” kata Anita.

Anggaran itu, menurut dia, akan digunakan oleh petugas dinkop untuk melakukan verifikasi lapangan. Verifikasi ini untuk menentukan apakah koperasi tersebut layak dibubarkan atau tidak.

”Anggaran lainnya untuk pasang iklan di media massa untuk pemberitahuan ke publik,” katanya.(riq/c2/lid/fri/jpnn)


MALANG – Bersih-bersih koperasi kolaps dan abal-abal yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kota Malang,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News