Wuuss! Kereta Cepat Makassar-Parepare 200 Km per Jam

Wuuss! Kereta Cepat Makassar-Parepare 200 Km per Jam
Kereta Cepat. Foto ilustrasi: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tampaknya bukan menjadi moda transportasi tercepat yang pertama di Indonesia.

Pasalnya, pemerintah melalui Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini tengah membangun rel kereta api di Sulawesi Selatan.

Rel tersebut nantinya bakal menghubungkan Makassar dengan Parepare. Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan rel kereta yang tengah dibangun tersebut memiliki lebar 1,435 meter.

"Jadi ini lebih lebar dari yang dioperasikan selama ini di Jawa, yang hanya 1,067 meter. Jadi ini sudah kecepatan tinggi, kereta bisa melaju 200 km per jam lebih, yang sekarang ini hanya bisa maksimal 120 km per jam,"‎ ujar Edi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (12/12).

Menurut Edi, jalur kereta tersebut sampai saat ini sudah dibangun dengan progres mencapai 80 persen. Diharapkan untuk tahap pertama akan kelar pada 2016.

Dengan begitu pengoperasian kereta cepat ini bisa menjadi yang pertama dibangun, sebelum kereta cepat Jakarta-Bandung rampung dibangun.

"Ini kan sesuai dengan permintaan bapak presiden waktu itu ya, beliau minta ada jalur konstruksi rel KA ‎ini dari Makassar ke Parepare dan diharapkan bisa terhubung hingga ke Manado," tandas Edi. (chi/jpnn)


JAKARTA - Pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tampaknya bukan menjadi moda transportasi tercepat yang pertama di Indonesia. Pasalnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News