Tips Membuat Surat Perjanjian Sewa Rumah

Tips Membuat Surat Perjanjian Sewa Rumah
Ilustrasi. FOTO: pixabay.com

jpnn.com - PUNYA bisnis penyewaan rumah atau kontrakan begitu menggiurkan bagi beberapa orang. Sebab, bisnis ini tidak pernah mengenal istilah rugi lantaran kebutuhan sebuah hunian akan terus ada. Apalagi, belum masyarakat memiliki rumah pribadi.   

Nah, jika Anda memiliki sebuah properti dan ingin menyewakannya, tentu Anda wajib membuat perjanjian tertulis yang juga harus diketahui oleh beberapa saksi. Perjanjian tertulis itu fungsinya adalah, Anda dan penyewa rumah sama-sama terlindungi oleh hukum.

Berikut ini adalah beberapa tips membuat surat perjanjian sewa rumah dari portal global properti Lamudi :  

Identitas Pemilik dan Penyewa

Dalam membuat surat penjanjian sewa rumah, Anda wajib menyertakan nama lengkap, umur, pekerjaan hingga nomor KTP oleh kedua belah pihak. Pihak pertama adalah orang yang memiliki rumah sewaan dan pihak kedua merupakan calon penyewa rumah tersebut.

Masa Berlaku dan Harga 

Pastikan tanggal dimulainya dan berakhirnya penyewaan rumah tertera dalam surat tersebut. Selain itu alamat rumah hingga kesepakatan harga untuk penyewaan juga tercantum, termasuk jika diberlakukan uang muka dan cicilan tiap bulannya.

 

PUNYA bisnis penyewaan rumah atau kontrakan begitu menggiurkan bagi beberapa orang. Sebab, bisnis ini tidak pernah mengenal istilah rugi lantaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News