Kronologi Penembakan Kapal Penghancur Rusia ke Kapal Turki

Kronologi Penembakan Kapal Penghancur Rusia ke Kapal Turki
FOTO: reuters/jawapos

jpnn.com - INSIDEN di Laut Aegea, membuat hubungan Rusia dan Turki semakin memanas. Ya, Minggu (13/12) kapal penghancur Rusia melepaskan tembakan ke arah kapal Turki di Laut Aegea. Alih-alih memberikan peringatan keras terhadap Turki, Rusia mengaku bahwa tembakan itu adalah untuk menghindari tabrakan kapal. 

Kremlin menegaskan bahwa penembakan itu terpaksa. Tujuannya untuk menghindari tabrakan. Sebab, kapal berbendera Turki yang berada di Laut Aegea itu menghalangi konvoi beberapa kapal Rusia di perairan yang sama. Salah satunya Smetlivy, kapal penghancur milik militer Rusia. 

Kemarin perusahaan energi Rusia yang berbasis di Crimea, Chernomo­rneftegaz, membenarkan adanya insiden tersebut. 

''Kapal pencari ikan itu tidak memberikan jalan bagi konvoi kapal Rusia yang hendak menuju Laut Hitam, termasuk kapal penghancur tersebut,'' terang perusahaan milik pemerintah itu. 

Maka, setelah semakin dekat, Smetlivy menembak kapal Turki tersebut. Tembakan itu sukses membuat kapal tersebut minggir dan memberikan jalan bagi konvoi kapal Rusia. 

''Kapal Turki itu tidak merespons peringatan radio yang dikirimkan kapal penghancur. Kapal itu baru berputar haluan setelah kapal patroli Rusia memerintahkannya minggir,'' lanjut Chernomorneftegaz. Sayang, baik perusahaan tersebut maupun Kementerian Pertahanan Rusia sama-sama tidak menyebutkan kapan tepatnya insiden itu terjadi. 

Dua insiden yang terjadi dalam waktu kurang dari sebulan itu membuat Putin berang. Kemarin Kremlin meminta Turki berhenti memprovokasi Rusia. Baik di laut maupun di udara. Terutama, di perbatasan Turki dan Syria. 

''Kami sangat prihatin dengan serangkaian provokasi yang Turki lakukan terhadap Rusia,'' tulis Kremlin dalam pernyataan resmi. 

INSIDEN di Laut Aegea, membuat hubungan Rusia dan Turki semakin memanas. Ya, Minggu (13/12) kapal penghancur Rusia melepaskan tembakan ke arah kapal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News