Jumlah Penerima Penghargaan Pendonor Darah Jatim Tertinggi di Indonesia

Jumlah Penerima Penghargaan Pendonor Darah Jatim Tertinggi di Indonesia
Ang Herman Anggrek bersama Ketua Umum PMI yang juga Wakil Presiden Jusuf Kalla. FOTO: ist

jpnn.com - SURABAYA - Pada Kamis (18/12) besok, sebanyak 893 orang DDS atau Donor Darah Sukarela rencananya akan menerima penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden Joko Widodo. Dari jumlah total, Jawa Timur mengirimkan delegasi tertinggi , yakni 378 DDS

Dengan jumlah itu, Jawa Timur berhasil mempertahankan posisinya sebagai provinsi yang paling banyak jumlah pendonor. Catatan gemilang itu sudah dipegang oleh provinsi yang kini dipimpin oleh Soekarwo tersebut sejak lebih dari satu dekade silam.

Menurut Ketua Umum Fokuswanda (Forum Komunikasi Dermawan Darah 75 – 100 Indonesia Emas) Jatim, Ang Herman Anggrek, penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial akan diberikan bagi para pendonor yang sudah mendonorkan darahnya lebih dari 100 kali.

”Skalanya memang begitu. Kalau lebih dari 50 mendapat penghargaan dari Wali Kota atau Bupati, 75 ke atas dari Gubernur, dan 100 ke atas dari Presiden,” jelasnya saat ditemui kemarin (15/12).

Pria klimis yang akrab disapa Herman itu mengatakan sangat mengapresiasi kesadaran para pendonor di Jawa Timur. ”Mempertahankan itu tidak mudah, dan suatu kebanggaan bagi kami bisa mempertahankan posisi Jawa Timur sebagai provinsi yang paling banyak jumlah pendonornya. Tentu itu berkat kebaikan semua pihak,” jelasnya.

Herman menambahkan, agar dapat mempertahankan banyaknya jumlah pendonor dia melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah bekerjasama dengan kampus dan mal untuk melakukan campaign manfaat donor darah bagi generasi muda.

“Karena kami ingin keberlangsungan ini berjalan terus. Kalau bukan generasi muda yang turut aktif, ya siapa lagi,” jelas pria yang juga pengurus PMI Jawa Timur itu.

Herman mengingatkan, donor darah memiliki banyak manfaat. Pertama tentu untuk kesehatan pribadi, sebab darah yang keluar lewat donor akan tergantikan oleh sel darah baru. Kedua, untuk menolong kelangsungan hidup orang lain. ”Kalau mau dijabarkan lagi, manfaatnya masih sangat banyak. Jadi, mari kita buat donor darah ini sebagai bagian dari lifestyle,” kata Herman yang tanggal 18 nanti ikut menerima penghargaan karena sudah mendonorkan darah sebanyak 106 kali.

SURABAYA - Pada Kamis (18/12) besok, sebanyak 893 orang DDS atau Donor Darah Sukarela rencananya akan menerima penghargaan Satya Lencana Kebaktian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News