PDIP Ingin Kocok Ulang Pimpinan DPR Didukung Semua Fraksi

PDIP Ingin Kocok Ulang Pimpinan DPR Didukung Semua Fraksi
Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Ahmad Basarah. Foto : dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tak mau terpancing dengan wacana kocok ulang pimpinan DPR yang disuarakan sejumlah kalangan pasca mundurnya Setya Novanto dari ketua dewan.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Ahmad Basarah justru mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membuka kembali wacana dan akal sehat publik untuk mengembalikan keadaban sistem demokrasi dengan mengembalikan hak pemenang pemilu untuk ikut memimpin DPR.

Menurutnya, pelaksanaan dan realisasi wacana kocok ulang pimpinan DPR tersebut masih memerlukan kesepakatan politik dari mayoritas fraksi-fraksi di DPR. Kalaupun mau diwujudkan, maka partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tau mau terlibat dalam kegaduhan politik dalam perebutan kursi yang ditinggalkan Setya Novanto.

"Kami mengharapkan kalaupun gagasan kocok ulang pimpinan DPR ingin diwujudkan harus dilakukan atas dasar kesadaran bersama untuk mewujudkan kehidupan demokrasi yang sehat, bukan atas dasar pertarungan apalagi intrik politik yang akan menghasilkan kegaduhan politik baru," kata Basarah di Jakarta, Kamis (17/12).

Menurutnya, wacana kocok ulang tersebut sesuatu yang wajar karena dalam konvensi ketatanegaraan di semua negara demokrasi, parpol yang mendapatkan mandat rakyat dan menjadi pemenang pemilu seharusnya mendapat kepercayaan menjadi Pimpinan DPR.

Akan tetapi, untuk mewujudkan hal tersebut, PDIP tidak mau ada kegaduhan lagi di Senayan. "Kan kasihan rakyat kalau setiap hari harus disuguhi kegaduhan-kegaduhan politik yang tidak mendidik dan mencerahkan bagi mereka," pungkas Ketua Fraksi PDIP di MPR.(fat/jpnn)


JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tak mau terpancing dengan wacana kocok ulang pimpinan DPR yang disuarakan sejumlah kalangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News