NTB di Zona Merah, Perilaku Hidup Kontra Nawacita Jokowi

NTB di Zona Merah, Perilaku Hidup Kontra Nawacita Jokowi
Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek. FOTO: DOK.Natalia/JPNN.com

jpnn.com - MATARAM – Kesadaran warga untuk hidup sehat di Provinsi NTB belum memenuhi harapan. Banyak masyarakat yang tidak perduli dengan pola hidupnya. Padahal semua itu untuk kebaikannya sendiri.

Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek mengatakan, perilaku hidup sehat masyarakat NTB masih rendah. Hal ini bertolak belakang dengan prinsip Nawacita yang digaungkan Presiden RI Joko Widodo. "Sadar hidup sehat di NTB rendah, berada di zona merah,” ungkapnya pada wartawan usai peresmian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB, Kamis kemarin (17/12).

Masih rendahnya perilaku hidup sehat harus menjadi perhatian semua pihak. Terlebih lagi banyak penyakit yang bisa menular kapan saja dan dimana saja. Terkait penyakit menular, Menkes menyebut NTB berada pada zona hijau. Pelayanan kesehatan juga dinilainya relatif berjalan bagus.

“Kami di Kementerian itu punya catatan tentang indeks kesehatan masyarakat,” terangnya seperti dilansir Radar Lombok (Grup JPNN.com).

Menkes menyebut terdapat tujuh indikator dalam menghitung indeks kesehatan masyarakat. Hal ini juga sudah disampaikan ke Dinas Kesehatan Provinsi NTB agar ditindaklanjuti.

“Memang ada tujuh indikator penilaian indek pembangunan kesehatan masyarakat, penyakit menular di NTB dalam zona hijau tapi perilaku masyarakatnya zona merah. Sedangkan pelayanan sih kami lihat bagus,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, contoh perilaku sehat yang masih berada di zona merah di NTB diantaranya anak baru lahir sudah diberi nasi yang sebelumnya dikunyah oleh sang ibu.  adahal anak tersebut harus diberikan Air Susu Ibu (ASI). Realita seperti itu masih banyak ditemukan di NTB. Masyarakat harus menyadari bahwa prilaku tersebut tidak sehat.

“NTB itu masih berada di bawah nasional, buang air besar juga banyak yang sembarangan,” terangnya.

MATARAM – Kesadaran warga untuk hidup sehat di Provinsi NTB belum memenuhi harapan. Banyak masyarakat yang tidak perduli dengan pola hidupnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News