Saksikan dan Rasakan! Kontes Durian Rancamaya 1-22 Januari

Saksikan dan Rasakan! Kontes Durian Rancamaya 1-22 Januari
Ilustrasi.

jpnn.com - BOGOR - Untuk pertama kalinya, kontes durian bakal digelar di Stasiun Terminal Agribisnis (STA) Rancamaya, Bogor Selatan, awal Januari nanti.

Kontes ini sekaligus bertujuan untuk menghidupkan kembali Rancamaya, tempat yang sempat terkenal sebagai sentra durian di wilayah Bogor. 

Ketua Yayasan Durian Nusantara M Reza Tirtawinata mengatakan, sekitar 50 tahun lalu, wilayah Rancamaya merupakan sentra durian terkenal di Bogor. Namun seiring perkembangan zaman, ribuan pohon durian pun ditebangi karena pembangunan perumahan, lapangan golf dan perkantoran.

“Ada puluhan jenis yang sudah hilang antara lain si pingku dan si matahari,” ujarnya kepada Radar Bogor, beberapa waktu lalu.

Menurut Reza, memang masih ada sekitar seribu pohon yang tersisa dari berbagai jenis durian di Rancamaya. Di mana jenisnya beda antara satu dengan yang lain.

Untuk memudahkan mengumpulkan durian-durian itu, mereka mengadakan kontes durian dengan nama Kontes Durian Rancamaya yang akan digelar 1 hingga 22 Januari mendatang.

“Dengan demikian durian-durian terbaik akan ikut kontes. Nah, nanti sepuluh juara teratas, kami datangi pohonnya dan dibibitkan,” ujarnya.

Setelah pembibitan dan penanaman kembali durian-durian ini di sekitar Rancamaya, Reza berharap lima tahun ke depan, Rancamaya kembali menjadi sentra durian terkenal di Kota Bogor.

BOGOR - Untuk pertama kalinya, kontes durian bakal digelar di Stasiun Terminal Agribisnis (STA) Rancamaya, Bogor Selatan, awal Januari nanti. Kontes

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News