Menko Luhut, Ebiet dan Cak Lontong Ramaikan Haul Gus Dur

Menko Luhut, Ebiet dan Cak Lontong Ramaikan Haul Gus Dur
Tampak Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar pada Haul ke-5 Gus Dur tahun 2014. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Sirad, Budayawan Sujiwo Tedjo, Komedian Cak Lontong, dan penyanyi balada Ebiet G Ade dipastikan hadir dalam kegiatan Haul Gus Dur ke-6 yang diselenggarakan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jalan Raden Saleh Nomor 9, Jakarta Pusat, Selasa (22/12) besok.

Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan peringatan haul ke-6 KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur yang dilakukan PKB sesungguhnya untuk menghadirkan kembali Spirit Gus Dur dalam membela kaum lemah, membela kaum tertindas, selalu berkata jujur dan selalu berani berkata benar.

“Semua itu dilakukan dalam rangka menyegarkan kembali pemikiran Gus Dur terhadap kemajuan bangsa ini. Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama berkumpul  mengenang Gus Dur di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat,” kata Muhaimin Iskandar di Jakarta, Senin (21/12).

Cak Imin sapaan Abdul Muhaimin Iskandar menegaskan, peringatan haul Gus Dur ke-6 bukan untuk mendewakan Gus Dur, tetapi menyegarkan kembali pemikiran Gus Dur yang inklusif dan toleransi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.  

Menurut Cak Imin, walau tak lagi sebagai Presiden Republik Indonesia, kepergian Gus Dur juga mendapat perhatian besar dari bangsa lain. Foto-foto Gus Dur banyak digantung di klenteng-klenteng, didoakan di gereja-gereja dan diratapi kepergiannya oleh para santri.

“Genap enam tahun Gus Dur wafat, bukan kita saja yang kehilangan, tapi pecinta perdamaian di dunia. Itu membuktikan bahwa beliau milik semua,” tandas Cak Imin.  

Acara haul Gus Dur dimulai Selasa, 22 Desember 2015 pukul 12.00 WIB. Beberapa agenda dalam acara ini yakni talkshow, parade puisi Gus Dur dan pengajian umum.  Adapun kegiatan talkshow akan diikuti Menko Bidang Polhukam Luhut B Panjaitan, Budayawan Sujiwo Tedjo dan Peneliti Pemikiran Gus Dur Gus KH Yahya M. Staquf.

Sedangkan parade puisi Gus Dur dan pengajian Umum diramaikan para tokoh nasional, special performa Ebiet G Ade, penceramah KH Said Aqil, tahlil dan doa untuk Gus Dur dipimpin KH Ma'ruf Amin.(fri/jpnn)


JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News