Serang, Cilegon Sudah Penetapan, Tangsel dan Pandeglang Ditunda

Serang, Cilegon Sudah Penetapan, Tangsel dan Pandeglang Ditunda
Serang, Cilegon Sudah Penetapan, Tangsel dan Pandeglang Ditunda

jpnn.com - SERANG - Tahapan pilkada serentak di Provinsi Banten memasuki tahap akhir. Komisi Pemilihan Umum di masing-masing kota dan kabupaten telah menyelesaikan tahap pemungutan suara.

Meski begitu, dari empat daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah baru dua yang melakukan penetapan calon terpilih. Di Kota Cilegon, pasangan Iman Ariyadi-Edi Ariadi ditetapkan sebagai calon terpilih. Sementara pasangan Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa ditetapkan menjadi calon bupati dan wakil bupati terpilih di Kabupaten Serang. 

Kedua penetapan berlangsung kemarin, Senin (21/12). Penetapan bisa dilakukan karena tidak ada pasangan calon yang menggugat hasil penghitungan suara ke Mahkamah Konstitusi.

Dalam rapat pleno yang digelar KPU Kabupaten Serang di aula Tb Suwandi Pemkab Serang, Rt Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa memperoleh suara 319.696 atau 60,52 persen dan resmi dinyatakan sebagai pemenang pilkada Kabupaten Serang.

Dalam pernyataannya usai ditetapkan sebagai pemenang pilkada, Tatu mengatakan, bahwa kemenangan dirinya merupakan kemenangan masyarakat Kabupaten Serang. “Alhamdulillah saya nomor urut 1 ditetapkan sebagai pemenang dalam pilkada, karena tidak ada pengaduan ke MK (Mahkamah Konstitusi-red) oleh paslon nomor urut 2. Ini kemenangan semua, jadi yang merayakan semua masyarakat Kabupaten Serang,” kata Tatu.

Terpisah, calon walikota Cilegon terpilih Tb Iman Ariyadi bersyukur karena proses penetapan calon walikota terpilih tidak ada gugatan hasil Pilkada. Iman juga menyatakan bahwa pelaksanaan  pesta demokrasi lima tahunan berjalan dengan lancar. 

"Saya mengapresiasi pasangan nomor urut 1 Sudarmana-Marfi Fahzan yang menunjukan kedewasaaan dalam berdemokrasi. Menerima apapun hasil dalam pelaksanaan Pilkada," ujar Iman usai Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Terpilih Walikota dan Wakil walikota Cilegon Periode 2016-2021 pada Pemilihan Tahun 2015 di Kantor KPU Kota Cilegon.


Iman menuturkan, ke depan pihaknya juga akan mengakomodir program yang disampaikan Sudarmana-Marfi Fahzan pada saat pilkada. Kata Iman, program yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang akan dimasukan pada program selama masa kepemimpinannya. 

SERANG - Tahapan pilkada serentak di Provinsi Banten memasuki tahap akhir. Komisi Pemilihan Umum di masing-masing kota dan kabupaten telah menyelesaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News