Tjahjo Usul Pelantikan Kada Terpilih Digelar Secara Bergelombang

Tjahjo Usul Pelantikan Kada Terpilih Digelar Secara Bergelombang
Mendagri Tjahjo Kumolo/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat mengubah aturan terkait jadwal pelantikan kepala daerah terpilih hasil pilkada serentak 2015. Sehingga tidak perlu dilaksanakan serentak.

‎"Sekiranya memungkinkan, bagi daerah-daerah yang tidak ada masalah hukum, pelantikan kepala daerahnya dapat dilantik secara serentak sesuai jadwal," ujar Tjahjo, Selasa (22/12).

Menurut Tjahjo, pelantikan tak perlu menunggu proses sengketa pilkada di beberapa daerah, agar seluruh program kepala daerah terpilih dapat segera dilakukan.

"‎Mengingat pelaksana tugas kepala daerah tidak bisa mengambil keputusan strategis. Jadi yang penting pilkadanya serentak. Namun pelantikannya bisa ibuat 2 atau 3 gelombang dengan waktu yang berbeda-beda," ujarnya.

Namun Tjahjo menegaskan, hal tersebut hanya sebatas harapan dan sekiranya masih memungkinkan untuk dilakukan. Untuk pelaksanaan tetap menjadi keputusan KPU‎.(gir/jpnn)


JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat mengubah aturan terkait jadwal pelantikan kepala


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News