Katanya Ada Ganti Rugi Gagal Panen, Mana?

Katanya Ada Ganti Rugi Gagal Panen, Mana?
Petani. Foto: Padang Ekspres/JPG

jpnn.com - PADANG - Dinas Pertanian Sumbar dan Hortikultura mengklaim asuransi usaha tani padi (AUTP) telah ada  untuk meringankan beban petani. Namun sayang, tak banyak petani yang mengetahui adanya program tersebut.

Syamsinar, petani di Kuranji mengaku selama ini, kerugian akibat gagal panen ditanggungnya sendiri.   Serangan hama wereng dan tikus, telah membuat produksi padinya turun lebih 50 persen. Biasanya, ia mendapatkan 28 karung, kini ia hanya mendapatkan 12 karung saja.

“Kami tak dapat berbuat banyak melawan serangan hama ini. Kemampuan kami terbatas dalam melakukan penanggulangan hama. Selain itu, tak ada penyuluh pertanian atau petugas Dinas Pertanian yang memberikan cara-cara penanggulangan hama,” ucapnya.

Ditanya soal program asuransi usaha tani padi (AUTP), Syamsinar mengaku tak taHu dengan adanya program tersebut. “Saya tak taHu kalau ada program itu. Informasi itu tak sampai ke kami,” ucapnya.

Senada dengan itu, petani lainnya Ramdan juga mengaku tanaman padinya juga terserang hama tikus. Kendati telah rajin membersihkan tanamannya, namun tetap saja rumpun padinya selalu menjadi incaran tikus. “Saya yakin produksi padi menurun, jika dilihat dari luasnya areal yang terkena dampak. Biasanya dapat 36 karung, bisa jadi dapat 16 karung saja,” ucapnya.

Ditanya soal asuransi usaha tani padi, Ramdan juga mengaku tak mengetahuinya. “Saya juga baru taHu ada asuransi seperti itu. Bagaimana mengurusnya dan apa saja persyaratannya,” tukasnya.

Pengamat Pertanian Unand, Endry Martius menyebutkan  janji pemerintah mengganti  kegagalan panen petani, suatu hal yang bagus jika terlaksana.

“Kalau memang akan membuat kebijakan pergantian terhadap kegagalan panen petani, maka tepatilah itu," ucapnya.

PADANG - Dinas Pertanian Sumbar dan Hortikultura mengklaim asuransi usaha tani padi (AUTP) telah ada  untuk meringankan beban petani. Namun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News