Akhirnya, Pengembangan Bandara Wamena Rampung

Akhirnya, Pengembangan Bandara Wamena Rampung
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyelesaikan pengembangan Bandara Wamena, Jayawijaya, Papua. Pengembangan bandara tersebut berupa pembangunan terminal penumpang seluas 4000 m2, yang sebelumnya hanya seluas 965 m2.

Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Kementerian Perhubungan, JA Barata mengatakan, perluasan terminal penumpang yang bergaya Rumah Honai ini akan menambah kenyamanan penumpang. Kapasitas penumpang juga bertambah sebanyak 228.

"Rencananya nanti akan diresmikan oleh Pak Presiden pada 30 Desember 2015. Bandara Wamena dan Bandara Utarom di Kaimana, Papua rencananya akan diresmikan bersamaan dengan bandara Wamena," ujar Barata di Jakarta, Senin (28/12).

Kementerian Perhubungan pada 2015 memprioritaskan pembangunan bandara di wilayah terpencil, perbatasan dan rawan bencana. Salah satunya adalah Bandara Wamena.

Pembangunan terminal penumpang Bandara Wamena dilakukan sejak 2014 melalui DIPA Tahun Anggaran 2014 untuk pembangunan gedung terminal tahap I. Kemudian dilanjutkan di tahun anggaran 2015 melalui pembangunan gedung terminal tahap II dengan total anggaran  Rp 54,033 miliar.

Bandara Wamena menghubungkan wilayah Jayawijaya dengan Jayapura dan kabupaten pemekaran lainnya di Papua seperti, Kabupaten Lanny Jaya, Tolikara dan lainnya. (chi/jpnn)


JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyelesaikan pengembangan Bandara Wamena, Jayawijaya, Papua. Pengembangan bandara tersebut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News