Ini Bukti Jokowi Kembangkan Wisata Maritim dan Budaya Papua

Ini Bukti Jokowi Kembangkan Wisata Maritim dan Budaya Papua
Presiden Jokowi ke Raja Ampat. Foto: Radar Sorong/JPG

jpnn.com - RAJA AMPAT- Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Papua mendapatkan apresiasi kalangan akademisi. Langkah Jokowi tersebut dinilai sebagai bukti bahwa pemerintahannya berkomitmen dalam mengembangkan wisata maritim dan budaya masyarakat Papua. 

Menurut pengamat pariwisata yang juga Dekan Ekologi Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Arif Satria, ada agenda Presiden yang di luar jadwal. 

Salah satunya adalah menyempatkan diri berkunjung ke Pulau Painemo yang sudah menjadi salah satu ikon destinasi dunia. Padahal, sebelumnya Presiden hanya ingin menikmati matahari terbit pada hari pertama tahun 2016.

"Sebenarnya kunjungan ke Pulau Painemo itu tidak ada dalam jadwal. Tetapi, itu menjadi spesial bagi Menpar Arief Yahya yang berkeinginan menjadikan wisata sebagai industri melalui program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia," kata Arif Satria, kemarin

"Kunjungan Presiden Jokowi ke Papua itu sebagai bukti komitmennya dalam mengembangkan wisata maritim dan budaya masyarakat Papua," imbuhnya.

Di penghujung tahun 2015, Jokowi bukan hanya mengunjungi Papua tetapi bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya ikut merayakan malam Tahun Baru 2016 di Pantai Waisai Tercinta, desa Waisai, Raja Ampat, Papua Barat. 

Keindahan Pulau Painemo memang telah menjadi perhatian wisatawan manca negara apalagi Sergei Bryn yang juga bos-nya mesin pencari terbesar, Google, sengaja datang secara khusus ke tempat tersebut. 

Orang yang masuk dalam daftar 10 orang terkaya dunia itu menyebut Raja Ampat sebagai tempat wisata terbaik dunia. 

RAJA AMPAT- Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Papua mendapatkan apresiasi kalangan akademisi. Langkah Jokowi tersebut dinilai sebagai bukti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News