Kisah Perias Artis Cut Tari asal Ternate

Kisah Perias Artis Cut Tari asal Ternate
Cut Tari. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - Rata-rata perempuan di Kota Ternate pasti mengenal nama Helmi Daeng Barang, yang lebih dikenal dengan Helmi si tukang rias. Padahal, pria kemayu ini nyaris tak pernah beriklan di medi apapun. Ya, reputasi Helmi sebagai perias, terutama rias pengantin, tampaknya menyebar dari mulut ke mulut klien yang puas dengan sentuhan tangannya.

Ika Fuji Rahayu, Ternate.

Sejak duduk di bangku kelas 1 SD, Helmi Daeng Barang telah menyadari ada yang berbeda dengan dirinya. Ketika anak-anak lelaki lain seusianya lebih suka bermain bola dengan sesama lelaki, Helmi lebih memilih bermain lompat tali dengan anak perempuan. Meskipun begitu, tak ada yang bisa dia lakukan selain memendam keinginan untuk menunjukkan jati dirinya yang sebenarnya.

Baru ketika duduk di bangku SMP, pergaulan dengan komunitas transgender lainnya mendorongnya untuk lebih terbuka mengenai dirinya sendiri. Dia mulai berdandan seperti perempuan dan terkadang memakai rok.

“Keluarga marah besar. Tapi saat itu memang kita sedang puber-pubernya dan mungkin karena bergaul dengan komunitas yang juga sama seperti saya, akhirnya terbawa tampil seperti itu,” tutur Helmi ketika ditemui Malut Post (Grup JPNN.com) di salon miliknya, Helmi Salon, di Kelurahan Tanah Tinggi, Kota Ternate Tengah, baru-baru ini.

Bersamaan dengan perubahan penampilannya, bakat Helmi di bidang kecantikan pun mencuat. Dia mulai ikut menjadi tukang potong rambut di sejumlah salon di Kota Ternate. Anak kedua dari empat bersaudara itu menjadi pemotong rambut dari salon ke salon untuk mencari pengalaman, juga tambahan uang jajan.

Dari situ, jaringannya dalam dunia usaha kecantikan makin luas. Menginjak bangku SMA, dia telah mampu membiayai sekolahnya sendiri dari hasil keringatnya di salon.

“Waktu itu, karena merasa lebih nyaman berada di salon, saya jadi jarang pulang ke rumah. Sempat merasa jauh dari keluarga juga karena keadaan itu,” ujar pria yang kini berusia 37 tahun itu.

Rata-rata perempuan di Kota Ternate pasti mengenal nama Helmi Daeng Barang, yang lebih dikenal dengan Helmi si tukang rias. Padahal, pria kemayu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News