Mayjen Toto: Saya Happy Tugas di Kalbar

Mayjen Toto: Saya Happy Tugas di Kalbar
Mayjen Toto: Saya Happy Tugas di Kalbar

jpnn.com - JAKARTA -- Pucuk pimpinan Komando Daerah Militer XII Tanjungpura yang meliputi wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah resmi berganti. Mayor Jenderal Toto Rinanto Sudjiman diganti Mayjen Agung Risdhianto. Toto akan bertugas sebagai Perwira Tinggi Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Darat. 

Dihubungi dari Jakarta, Minggu (3/1) malam, Toto membenarkan dirinya diganti. "Iya, suratnya (surat keputusan) sudah diterima sebelum tahun baru (2016). Saya akan bertugas sebagai Pati Khusus Kasad," ujar Toto kepada JPNN. 

Toto mengatakan, rencana serahterima jabatan dengan Mayjen Agung akan digelar pada Rabu (6/1) di Markas Besar TNI AD di Jakarta. 

Toto sejak September 2014 menjabat PangdamXII/Tpr. Jebolan Akademi Militer 1984 itu menggantikan Mayjen TNI Ibrahim Saleh. Sebelum menjadi Pangdam XII/Tpr, Mayjen Toto adalah pengajar di Lemhanas. 

Pria berkumis tebal ini juga bukan nama baru di Kalbar. Ia merupakan putra Gubernur Kalbar periode 1978-1988, almarhum Mayjen (Purn) Soedjiman. Toto juga pernah menjabat sebagai Komandan Komandor Resor Militer 121 Alam Bhana Wanawai pada 2010 di Kalbar. 

Dia pun dikenal berpengalaman di bidang infanteri. Pernah menjabat Kepala Staf Garnisun-1/Jakarta, Komandan Rindam Jaya, Staf Ahli KASAD, serta Kasgartap-1 Jakarta. 

Lebih lanjut Toto mengaku happy selama bertugas di Kalbar. "Saya tenang karena banyak teman di sana, karena saya kan  pernah juga bertugas di sana sebagai Danrem," ungkap pria berbadan tegap ini. 

Selama bertugas di Bumi Khatulistiwa, Toto mengakui banyak mendapatkan dukungan dari rekan-rekannya. Dia menegaskan selama bertugas juga sudah berperan membangun TNI  AD khususnya Kodam XII/Tpr. "Dalam rangka pengembangan satuan yang ada," ungkap Toto. 
Meskipun, ia mengakui, apa yang dilakukannya belum maksimal. Saat ditanya apakah pergantiannya ini karena akan dipersiapkan untuk naik pangkat bintang tiga alias letnan jenderal, Toto menepisnya. "Belum, doakan saja ya," ujar Toto. (boy/jpnn)


JAKARTA -- Pucuk pimpinan Komando Daerah Militer XII Tanjungpura yang meliputi wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah resmi berganti. Mayor


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News