Braaak!!! Patung Jendral Sudirman Berukuran Raksasa Mendadak Roboh

Braaak!!! Patung Jendral Sudirman Berukuran Raksasa Mendadak Roboh
Sisa patung Pangsar Soedirman yang masih ada di perempatan Mapolres Purbalingga usai roboh kemarin Foto : Radar Banyumas

jpnn.com - PURBALINGGA - Tak ada angin kencang maupun hujan, pengguna jalan di dekat perempatan Markas Polres Purbalingga, dikejutkan dengan robohnya patung Panglima Besar Jenderal Soedirman berukuran besar di lokasi tersebut, Minggu (3/1 ). Kejadian sekitar pukul 9.20 WIB itu membuat arus lalu lintas tersendat lantaran potongan patung memenuhi ruas jalan sebelah Barat.  

Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Hanya saja reruntuhan patung berwarna coklat emas itu harus segera dievakuasi untuk melancarkan kembali arus kendaraan.  

Para pengguna jalan dan masyarakat sekitar yang sedang beraktifitas santai saat itu sontak mendatangi lokasi kejadian karena merasa penasaran. Bahkan, robohnya patung Pangsar Soedirman itu juga menjadi  ajang berfoto ria. Beruntung, sejumlah petugas polisi dan masyarakat langsung mengangkat dan memotong serpihan dan di bawa ke sisi jalan di atas trotoar sebelah selatan Terminal Purbalingga.

Seperti diketahui, patung yang dibuat Desember tahun 2004 itu berdiri tepat di tengah perempatan depan Polres Purbalingga, Terminal Purbalingga dan Rumah Sakit Harapan Ibu (RSHI). Jalan tersebut merupakan jalan utama dari arah Purwokerto maupun Wonosobo dan sebaliknya.

Taryono, salah satu pembeli di minimarket dekat Terminal Bus Purbalingga mengaku kejadiannya sangat cepat dan terdengar suara seperti kendaraan tabrakan. Namun saat dilihat, justru patung Pak Dirman yang roboh ke sisi Barat jalan.

Patung tersebut patah pada bagian tengah antara badan patung dengan dasar penyangga. Bagian yang jatuh itu sempat menutup jalan. Kebetulan saat kejadian tersebut tak ada satu kendaraan pun yang melintas karena lampu lalu lintas menyala merah. "Saat kejadian juga tidak ada angin maupun hujan, ini aneh" paparnya.  

Kasi Pertamanan Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Purbalingga, Tri Nuryanto mengatakan, hasil peninjauan lokasi menunjukkan pada bagian bawah patung tercabut dan lepas serta bagian atas jatuh ke jalan. Ia juga mengatakan, sebenarnya pembersihaan dan pemeliharaan patung itu masih dilakukan rutin dan biasaya pada bulan Maret maupun April. 

"Kami juga sudah melakukan pemeliharaan dengan pengecatan ulang Maret lalu dan tidak menemukan tanda-tanda patung mengalami kerusakan. Sampai saat ini kami belum bisa memastikan penyebab robohnya patung. Bagian patung yang roboh tersebut langsung dievakuasi dan diamankan di kantor kami," rincinya.

PURBALINGGA - Tak ada angin kencang maupun hujan, pengguna jalan di dekat perempatan Markas Polres Purbalingga, dikejutkan dengan robohnya patung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News